Gambar_Langit

Menteri Pertanian Bakal Panen Sawit Hasil Peremajaan di Muba

waktu baca 2 menit
Jumat, 12 Nov 2021 18:02 0 90 Redaktur Romadon

Sekayu, Pelita Sumsel – Setelah dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan menjadi pertama di Indonesia menjalankan program peremajaan atau replanting perkebunan kelapa sawit milik rakyat pada 2017 lalu, kini Menteri Pertanian RI Syahrul
Yasin Limpo dijadwalkan akan memanen perdana hasil replanting kelapa sawit rakyat di Desa Panca Tunggal Kecamatan Sungai Lilin.

Hal ini diketahui saat Sekretaris Daerah Drs Apriyadi memimpin rapat persiapan Kunjungan Kerja
Menteri Pertanian Republik Indonesia Bapak Dr H Syahrul
Yasin Limpo SH MSi MH di Kabupaten Musi Banyuasin
terkait Panen Perdana Peremajaan Sawit Rakyat yang direncanakan pada tanggal antara 15-19 November 2021 mendatang.

Kepala Dinas Perkebunan Muba Akhmad Toyibir SSTP MM menjelaskan, pada kegiatan tersebut selain panen kelapa sawit dan dan sekaligus launching pembangunan pabrik kelapa sawit milik petani di Desa Sri Gunung secara virtual.

“Selain panen direncanakan juga peninjauan proses lelang karet dan bertatap muka dengan petani karet di UPPB Panca Tunggal. Rangkaian kegiatan ini direncanakan akan kita laksanakan antara tanggal 15-19, karena harus menyesuaikan dengan kegiatan pak Menteri, jadi kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari protokol Kementerian,” terangnya.

Sementara itu, Sekda Drs H Apriyadi MSi berharap sebelum kegiatan Menteri Pertanian RI berlangsung semua yang berhubungan dengan kegiatan sudah dipersiapkan secara matang dan semaksimal mungkin, supaya kegiatan November 2021 mendatang bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

“Kita semuanya sangat mendukung penuh kegiatan ini, dan OPD yang terlibat dalam kegiatan ini harus terus saling berkoordinasi baik dengan protokol Protokol Menteri maupun Pemerintah provinsi Sumsel,”ungkapnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Musi Banyuasin Ir. A Tamrin menyampaikan bahwa dalam kesempatan yang sama Menteri Pertanian RI juga akan melakukan penandatanganan prasasti terkait Sekolah Pertani Rakyat (SPR).

“Kami siap mendukung dan mensupport kelancaran pelaksanaan kegiatan ini. Dan pada kesempatan kegiatan ini direncanakan juga Menteri Pertanian RI akan menandatangani SPR,”tandasnya.

LAINNYA