Gambar_Langit Gambar_Langit

Gerak Cepat TP PKK OKU Timur dan FKPI Majukan Posyandu

waktu baca 3 menit
Selasa, 2 Nov 2021 16:19 0 175 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Timur dr Sheila Noberta, SpA.M.Kes bersama Forum Kader Posyandu Indonesia (FKPI) membahas program kegiatan untuk kemajuan Posyandu yang ada di OKU Timur. Selasa (02/11/2021) di ruang Bina Praja II Kantor Bupati OKUT.

Ini kali keduanya FKPI berkunjung ke Pemkab OKU Timur, dalam pembahasan kali ini, FKPI memaparkan program Mulia melalui Kartu Amal Kehidupan (KAK), dimana KAK ini digunakan untuk menunjang keberlangsungan kegiatan yang ada posyandu itu sendiri.

“KAK ini gunanya menghimpun dana donatur dari masyarakat yang digerakkan oleh kader posyandu, diketahui oleh kades dan Camat. Untuk di OKU Timur sendiri baru berjalan di Kecamatan BP Bangsa Raja. Alhamdulillah baru beberapa bulan berjalan hampir 2000 sudah terdaftar menjadi donatur tetap untuk keberlangsungan kegiatan Posyandu,” kata Ketua FKPI Sukadi.

Sukadi menerangkan, dalam menghimpun dana untuk posyandu ini FKPI tidak berfikir seberapa banyak dana yang diberikan oleh masyarakat namun kita mengajak seberapa banyak masyarakat itu ikut perhatian terhadap posyandu di desa masing-masing, sebab posyandu ini milik desa maka setiap masyarakat Desa setempat ikut bertanggung jawab terhadap keberlangsungan posyandu mereka sendiri.

“Dana yang dihimpun melalui KAK ini nantinya akan diberikan kepada masyarakat prsejahtera yang ada di posyandu berupa makanan tambahan sebulan sekali, jika dana semakin bertambah maka tidak hanya sebulan sekali bisa dua tiga kali dalam sebulan. Akan ada cek gula darah gratis, untuk bantuan beasiswa anak, penanganan stunting. Inilah posyandu pintu gerbang kegiatan sosial,”ujarnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten OKU Timur dr Sheila Noberta, SpA.M.Kes mengapresiasi kehadiran FKPI di OKU Timur, Sheila sendiri mengaku sejalan dengan visi-misi FKPI dalam menggerakkan peran posyandu di desa. Dirinya mengajak kepada para TP PKK Kecamatan dan Desa agar mendukung kegiatan FKPI dalam menggerakkan posyandu di wilayah masing-masing.

“Melihat konsep KAK yang dipaparkan oleh FKPI tentu sangat baik dan semoga dapat kita terapkan di OKU Timur sehingga juga dapat membantu masyarakat prasejahtera kita,” katanya.

Dirinya juga akan segera menyampaikan kepada Bupati OKU Timur untuk dapat memberikan regulasi penggunaan dana desa terhadap program kegiatan yang ada di posyandu. Jika ini terwujud maka peran posyandu dalam mensejahterakan masyarakat prasejahtera akan semakin kuat, melalui sinergi suntikan dari dana desa dan dana mandiri yang dibantu langsung dari masyarakat.

Untuk di lingkungan Pemkab OKU Timur sendiri dirinya juga sudah menyampaikan ke Asisten Bupati agar OPD di OKU Timur ikut serta pada program KAK ini.

“Sebab kitakan mencari nafkah dan tinggal di OKU Timur maka sewajibnya kita ikut berkontribusi jika ada program mulia seperti ini. Saya rasa tidak berat jika kita bersama-sama bergotong Royong, apalagi ini konsepnya suka rela. Disetiap kegiatan PKK kita terus sosialisasikan program ini. Maka saya himbau kepada TP PKK Kecamatan dan Desa agar aktif juga dalam memantau kegiatan posyandu dan hal lainnya. Dan itu bisa di ajukan di setiap Musrenbangdes,” ujarnya. (fah)

LAINNYA