Gambar_Langit

Tim Kemendagri Apresiasi Inovasi Layanan Data Gagasan Camat BP Bangsa Raja

waktu baca 2 menit
Rabu, 6 Okt 2021 21:10 0 92 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Beberapa Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten OKU Timur mengikuti Lomba Inovasi Daerah, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri bertempat di Kantor Bappeda dan Litbang OKU Timur. Rabu (06/10/2021).

Salah satunya Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja. Pada perlombaan ini Kecamatan BP Bangsa Raja memaparkan Inovasi tentang Pelayanan Informasi Pembangunan melalui Tata Kelola Data Potensi Kecamatan berbasis Teknologi informasi.

“Untuk perlombaan Inovasi yang diselenggarakan oleh Kemendagri ini, kita menayangkan 4 kanal pelayanan. Pertama Facebook resmi Kecamatan BP Bangsa Raja, Instagram resmi, YouTube dan Website resmi Kecamatan BP Bangsa Raja. Disetiap kanal ini kita menyampaikan semua informasi yang bersifat pelayanan kepada masyarakat,” papa Camat BP Bangsa Raja Muhammad Andrie, S.IP.

Dalam paparan ini juga lanjut Andrie, kami sampaikan beberapa kemajuan desa, diantaranya Desa Muncak Kabau yang saat ini terus berkembang. Selain Itu semua data Desa di Kecamatan BP Bangsa Raja baik itu data penduduk, infrastruktur dan lainnya saat ini semua sudah mulai terlengkapi. Ini berkat upaya kita melatih para operator desa.

“Dampak dari pesatnya pembangunan Infrastruktur baik melalui dana desa, dari APBD Kabupaten, tidak ada lagi jalan di desa di Kecamatan BP Bangsa Raja yang sulit dilalui. Sehingga banyak berdiri Pom Mini, warung kecil. Kita juga bersyukur dukungan dari TNI/Polri yang membuat pos bantuan Polisi. Sehingga ekonomi bertambah angka kriminal turun signifikan,” paparnya.

Tercatat lanjutnya, selama tahun 2021 di Kecamatan BP Bangsa Raja hanya terjadi satu kali tindak kriminal itupun faktor urusan hubungan terlarang artinya bukan karena faktor kejahatan tingkat tinggi. Sedangkan untuk bidang Pendidikan, di Kecamatan BP Bangsa Raja saat ini menjadi Pilot Project dari Universitas Terbuka Provinsi Sumatera Selatan.

“3 – 4 Tahun kedepan Pamong Desa di Kecamatan BP Bangsa Raja insya allah sudah Sarjana semua. Semoga ini dapat memotivasi para generasi muda sehingga semua SDM di BP Bangsa Raja memiliki pendidikan yang bagus untuk bekal meningkat taraf hidup,” ujarnya.

Sementara dari pihak Kemendagri sangat mendukung kelengkapan data yang disediakan oleh Kecamatan BP Bangsa Raja saat ini. Sebab menurut dia, data ini sangat penting sebagai dasar baik Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten untuk membangun suatu wilayah itu sendiri. Dirinya meminta Camat BP Bangsa Raja untuk terus mengembangkan inovasi yang ada di Kecamatan setempat.

“Dengan data ini pemerintah membuat program-program yang bermuatan untuk kesejahteraan. Tidak hanya bidang infrastruktur, bisa pendidikan dan kesehatan maupun bidang lainnya,” ucapnya.

LAINNYA