Gambar_Langit

Prokes Ketat, 1.200 Maba Bina Darma Ikuti PMKMB 

waktu baca 3 menit
Senin, 27 Sep 2021 14:34 0 109 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel – Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2021-2022 Universitas Bina Darma (UBD) resmi dimulai, Senin (27/9/2021) dengan mengambil tema Membangun Generasi Unggul Berdaya Saing Menuju The Next Golden Generation.

Sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Sumatera Selatan dibawah kepemimpinan Rektor Dr Sunda Ariana MPd MM, pelaksanaan PKKMB ini digelar dengan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat serta menghadirkan narasumber kuliah umum para pejabat tinggi serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Sumsel, kemudian dalam rangkaian PKKMB ini diikuti secara daring dan luring oleh mahasiswa baru (maba).

Dalam kesempatan pembukaan PKKMB Tahun Akademik 2021-2022 tersebut Rektor Dr Sunda Ariana MPd MM turut didampingi para Wakil Rektor serta Dekan dan Dosen di lingkungan UBD. Tak hanya itu, sejumlah narasumber berkompeten diantaranya Gubernur Sumsel H Herman Deru, Pangdam II/Sriwijaya serta Kapolda Sumsel juga turut andil memberikan kuliah umum dalam pembukaan PKKMB di UBD.

“Sebagaimana kita ketahui, pandemi COVID-19 berdampak ke berbagai sektor tak terkecuali sektor pendidikan. Namun, dalam hal ini UBD merasa terbantu dengan kucuran bantuan Pemprov Sumsel melalui bapak Gubernur Sumsel Herman Deru yang mengalokasikan beasiswa kepada 900 mahasiswa UBD,” ungkap Rektor Dr Sunda Ariana MPd MM.

Sunda menyebutkan, tahun ini juga Bina Darma melakukan beberapa program terobosan yang menyasar kepada pondok pesantren hingga para penghafal alquran atau hafiz dan hafiza di Sumsel.

“Bina Darma juga telah mengucurkan beasiswa kuliah gratis untuk santri dan santriwati di Sumsel serta para penghafal Alquran yang mendapatkan beasiswa kuliah di Bina Darma, tak hanya itu kami juga menjalin kerjasama dengan para awak media atau jurnalis di Sumsel untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi pascasarjana di Bina Darma, Alhamdulillah semua program ini berjalan dengan baik,” urainya.

“Serta UBD juga menjalankan beasiswa ADIK yang mengakomodir mahasiwa dari Papua untuk melanjutkan pendidikan tinggi di UBD,” tambahnya.

Lanjutnya, Bina Darma juga akan lebih bersinergi dengan maksimal bersama Pemprov Sumsel dan dimana dosen serta mahasiswa UBD telah menciptakan inovasi berupa aplikasi Sistem Informasi Desa Pintar (Sisdepin).

“Jadi, melalui aplikasi Sisdepin ini kita akan menginformasikan atau menyajikan produk-produk atau inovasi yang ada di seluruh Desa di wilayah Sumsel, kami ingin aplikasi ini nantinya dapat bersinergi dengan baik bersama Pemprov Sumsel,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengapresiasi UBD dengan kesiapan yang sangat maksimal dan baik melaksanakan PKKMB dan tentunya mengedepankan prokes COVID-19. “Saya merasa sangat terhormat bisa memberikan kuliah umum di perguruan tinggi terbaik yang ada di Sumsel ini,” ungkap Gubernur Inovatif Indonesia ini.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini mengingatkan, kepada para mahasiswa baru di UBD untuk tidak hanya konsen mengejar nilai tertinggi, namun sejak di bangku kuliah juga harus sudah menyiapkan rencana ke depan.

“Yang paling utama itu nantinya bisa bermanfaat untuk orang banyak, kalian adalah orang-orang beruntung yang dapat melanjutkan pendidikan tinggi di kampus yang sangat bermutu,” tuturnya.

Herman Deru berharap, agar UBD terus mencetak generasi unggul di Sumsel yang mampu memberikan kontribusi positif untuk kemajuan Sumsel dan di level nasional. “Semoga UBD terus menjadi kampus terdepan, dan menjadi kampus terbaik sepanjang masa,” pungkasnya.

Dalam kesempatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2021-2022 Universitas Bina Darma (UBD) juga turut memberikan kuliah umum perwakilan Pangdam II/Sriwijaya, Kapolda Sumsel dalam kesempatan ini dihadiri oleh Direktur Intelkam Polda Sumsel Kombes Pol Ratno Kuncoro SIK MSi, dan Komisaris Independen PT Telkom yang juga Dosen UBD Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo.

Laporan : Firwanto M Isa

LAINNYA