Gambar_Langit

Pentinganya Pemanfaatan Perkarangan Rumah dalam Memenuhi Kebutuhan Pangan

waktu baca 1 menit
Kamis, 16 Sep 2021 19:08 0 93 Putra Pamungkas

Palembang, Pelita Sumsel – Anggota DPR RI Hj Renny Astuti SH SpN bersama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumsel kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek). Diketahui, bahwa kegiatan Bimtek tersebut sengaja digelar guna mengajak masyarakat dalam memanfaatkan perkarangan untuk bercocok tanam sekaligus rangka memenuhi kebutuhan panggan di rumah tangga.

Dalam kegiatan Bimtek tersebut, Anggota DPR RI Hj Renny Astuti SH SpN melalui Tenaga Ahli meminta masyarakat untuk manfaatkan perkarangan rumah untuk menanam sayuran-sayuran, dengan itu paling tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarga secara mandiri.

“Manfaatnya sangat besar paling tidak untuk memenuhi kebutuhan dirumah kita sendiri,” kata Renny saat menjadi pembicara dalam bimtek di BPTP Sumsel, Kamis (16/9)

Dikatakan Politikus Gerindra tersebut, bahwa pemanfaatan lahan pekarangan benar- benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung.

“Ini bisa menjaga kebutuhan dan ketahanan pangan keluarga. Kita tinggal petik sayur-sayuran dari pekarangan rumah kita sendiri,” ujarnya.

Pemanfaatan perkarangan rumah dikembangkan dengan tujuan
meningkatkan ketersediaan, akses dan pemanfaatan pangan bagi keluarga.
Melalui ini bisa dihasilkan pangan beragam, bergizi seimbang dan aman, sekaligus untuk peningkatan pendapatan keluarga.

“Kami bersama dengan mitra kerja terkait akan selalu memberikan pemahaman dan pencerdasan kepada masyarakat, akan besarnya manfaat perkarangan rumah untuk menopang pangan untuk keluarga sendiri,” tungkasnya. (Ril/WPP)

LAINNYA