Gambar_Langit Gambar_Langit

FKPI Bantu Perkuat Peran Posyandu di OKU Timur

waktu baca 2 menit
Kamis, 16 Sep 2021 18:39 0 138 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Dalam memperkuat Peran Aktif Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang ada disetiap desa, khususnya di Kecamatan BP Bangsa Raja Kabupaten OKU Timur, Forum Kader Posyandu Indonesia (FKPI) bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan BP Bangsa Raja melakukan sosialisasi penguatan peran Posyandu Desa. Kamis (16/09) di Kantor Camat BP Bangsa Raja.

Dalam sosialisasinya, FKPI menekankan betapa pentingnya peran Posyandu dalam memberikan pelayanan kesehatan ke Masyarakat.

Ketua Tim (FKPI) Sukardi, SH mengatakan, pertama pihaknya ingin membuka mindset masyarakat, Posyandu bukan milik pemerintah saja seperti Dinas Kesehatan atau lainnya. Tetapi dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat. Artinya semua instansi punya tanggungjawab terhadap kemajuan Posyandu itu sendiri.

“Maka kita juga memberikan masukan ke para Kepala Desa yang hadir, agar jangan sungkan-sungkan memberikan anggaran untuk Posyandu melalui Dana Desa,” katanya.

Kenapa kita sampaikan begitu lanjut Sukardi, karena di Posyandu ini melayani Balita, Lansia dan Ibu hamil yang semuanya masyarakat prasejahtera. Maka dari itu kita juga mensosialisasikan kepada masyarakat dan para kader Posyandu ada Kartu Amal Kehidupan dari FKPI, dimana dalam kartu ini membuat program menghimpun dana dari masyarakat untuk masyarakat yang sifatnya sukarela. Motonya bukan seberapa banyak donasi yang dikumpulkan tetapi seberapa banyak masyarakat yang peduli.

“Selama ini kita hanya mendengar kartu amal kematian, yang meninggal saja diurus maka yang masih hidup juga diurus melalui Kartu Amal Kehidupan. Melalui kartu ini masyarakat bisa beramal atau berinfaq untuk Posyandu setempat,” ujarnya.

Jika program kartu ini sudah berjalan di Desa, Sukardi berjanji akan memberikan suntikan dana tambahan dari FKPI. Dengan catatan semua pelaksanaannya Kartu ini diketahui kepala desa, Ketua Posyandu. Serta semua laporan keluar masuknya dana diumumkan ke masyarakat. Ini bentuk apresiasi FKPI ke Posyandu yang aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita ingin mengajak semua gotong royong bagaimana generasi berikutnya sehat badan dan jiwanya, diawali dari pelayanan Posyandu,” ujarnya.

Sementara itu Camat BP Bangsa Raja Muhammad Andrie, S.IP mengucapkan terima kasih kepada FKPI yang turut peduli terhadap Kemajuan posyandu di Kecamatan BP Bangsa Raja. Dirinya mengajak para Kader Posyandu untuk menerapkan hasil dari sosialisasi tadi serta mengajak para Kepala Desa untuk terus mendorong kemajuan pelayanan Posyandu di desa masing-masing.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi Program unggulan di Kecamatan Bidang Kesehatan, menuju masyarakat di setiap desa yang Sejahtera dan sehat sebagai wujud dukungan dalam mensukseskan Visi-misi Misi pak Bupati Bidang Kesehatan menuju OKU Timur Maju Lebih Mulia,”ujarnya. (fah)

LAINNYA