Gambar_Langit

Ikuti Bimtek, Peternak di Banyuasin Serap Edukasi Tentang Pengembangan Usaha Ternak

waktu baca 2 menit
Kamis, 9 Sep 2021 16:06 0 86 Putra Pamungkas

Banyuasin, Pelita Sumsel – Ulet serta serius dalam berusaha merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam bidang apapun, tak terkecuali juga dalam pengembangan usaha peternakan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Anggota DPR RI, Hj Renny Astuti SH SpN dalam Bimbingan Teknis Manajemen peternakan di Desa Tanjung Menang Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, Kamis (9/9).

Dalam materinya, Renny juga lakukan pembahasan terkait manajemen pemeliharaan ternak yang meliputi manajemen pakan, manajemen perkandangan, manajemen reproduksi, manajemen pengendalian penyakit, manajemen limbah, dan manajemen pemasaran.

“Kandang ternak yang baik harus mempunyai persyaratan kesehatan ternak, mempunyai ventilasi yang baik, efensiensi dalam pengelolaan, melindungi ternak dari pengaruh iklim, keamanan ternak dan terhindar dari kelembaban,” kata Renny yang diwakili oleh Tim Tenaga Ahli.

Oleh karena itu, dirinya bersama dengan mitra kerja akan terus memberikan pemahaman dan penjelasan terhadap manfaat perternakan baik secara mandiri maupun kelompok usaha.

“Jika digeluti dengan baik maka akan menghasilkan omset yang sangat besar, artinya peluangnya sangat, jika digeluti dengan baik dan serius maka pundi-pundi uang akan didapatkan,” jelas Renny.

Ditambahkan Politikus Gerindra ini penyakit yang sering menjangkit ternak beserta cara pencegahan dan antisipasi bila menyerang. Untuk ternak ruminansia seperti Sapi dan Kambing, penyakit yang sering timbul seperti Infectious Bovine Rhinotracheitis (IBR), Brucellosis, Bovine viral diarrhea (BVD), Salmonellosis dan Septicaemia Epizootica (SE).

“Sedangkan untuk gangguan reproduksi yang sering dijumpai adalah Anestrus, Ovulasi yang Tertunda, Subestrus dan Birahi Tenang serta Retensio Sekundinae akibat defisiensi pakan dan involusi uteri,” jelasnya.

Peserta mengikuti bimtek sampai selesai dengan antusias dan serius serta aktif dalam berdiskusi. Mereka berjanji akan bersemangat dalam memelihara ternak agar usahanya berhasil. (Ril)

LAINNYA