Home / NEWS / Hary Susanto/Leani Ratri Tambah Perolehan Emas Bagi Indonesia
Selebrasi Leani Ratri Oktila/Hary Susanto usai meraih emas cabor para-badminton nomor ganda campuran SL3-SU5 pada Paralimpiade Tokyo 2020, Minggu (5/9)
Selebrasi Leani Ratri Oktila/Hary Susanto usai meraih emas cabor para-badminton nomor ganda campuran SL3-SU5 pada Paralimpiade Tokyo 2020, Minggu (5/9)

Hary Susanto/Leani Ratri Tambah Perolehan Emas Bagi Indonesia

Tokyo, Pelita Sumsel – Pasangan ganda campuran para bulutangkis Indonesia, Hary Susanto/Leani Ratri Oktila berhasil menambah perolehan medali emas bagi Indonesia pada Paralimpiade Tokyo 2020. Mereka berhasil mengalahkan pasangan Perancis Lucaz Mazur/Faustine Noel di Yoyogi National Stadium, Minggu (5/9/2021) siang WIB.

Hary/Leani mengunci medali emas setelah menang dua gim langsung 23-21, 21-17.

Ini menjadi emas kedua untuk Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020. Leani sebelumnya mempersembahkan emas juga di sektor ganda putri saat berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah. Leani/Khalimatus menang atas ganda China Cheng Hefang/Ma Huihui dua set langsung.

Leani Ratri Oktila juga membawa pulang Medali Perak Tunggal Putri SL4.

Sementara itu,Tim Para Badminton Indonesia kembali raih Medali Perunggu. Fredy Setiawan berhasil meraih posisi ketiga Tunggal Putra SL4 Para Badminton.

Sebelumnya,  ganda putri para bulutangkis  Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah berhasil merebut emas dalam pertandingan final yang berlangsung di Yoyogi National Stadium, Sabtu (4/9), Ratri/Khalimatus menang atas pasangan Tiongkok, Cheng Hefang/Ma Huihui dua gim langsung 21-18, 21-12.

Atas raihan medali tersebut, Indonesia mengantongi total 9 medali pada Paralimpiade Tokyo 2020, 2 emas, 3 perak dan 4 perunggu. Perolehan medali itu melebihi target yang ditetapkan  NPC Indonesia, yakni  1 emas 1 perak dan 1 perunggu.

Presiden Joko Widodo pun menelepon para peraih medali emas dari cabang olahraga (cabor) para-badminton untuk mengucapkan selamat secara langsung dan mengungkapkan rasa bangganya.

“Saya mewakili seluruh masyarakat Indonesia, seluruh rakyat Indonesia mengucapkan selamat untuk medali emas cabang para-bulu tangkis ganda putri dan juga ganda campuran ya baru saja, untuk Ratri dan Hary untuk ganda campuran, ganda putri Ratri dan Alim,” ujar Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (05/09), saat melakukan panggilan video dengan para atlet dan Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun. Kepala Negara mengatakan kabar dari Negeri Sakura tersebut merupakan kabar yang menggembirakan sekaligus membanggakan bagi seluruh rakyat Indonesia. (jea)

Bagikan Ini Di :