Gambar_Langit

Dua Mahasiswa Bina Darma Ciptakan Inovasi Alat Olahraga

waktu baca 2 menit
Selasa, 31 Agu 2021 11:37 0 81 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel – Meski ditengah pandemi COVID-19, namun tak menghalangi kreatifitas dan inovasi Mahasiswa Universitas Bina Darma.

Terbukti, Aditya Joko Pratama dan Choirul Candra, kedua Mahasiswa Pendidikan Olahraga Bina Darma ini menciptakan alat inovasi modifikasi untuk memudahkan berolahraga yang dinamai BS-Kit (Backhand Service Kit) dan PJB Portable (Plyometric Jump Box Portable).

Alhasil, dari hasil inovasi keduanya tersebut berhasil masuk semi final Kompetisi Nasional Inovasi dan Teknologi Terapan Olahraga 2021 yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2021.

“Ya, Alhamdulillah kini keduanya masuk semi final. Dimana pada ajang ini diikuti 72 peserta dari berbagai perwakilan Provinsi di Indonesia diantaranya 40 kategori digital technology dan 32 kategori engineering, nah untuk Mahasiswa Bina Darma keduanya mengikuti kategori engineering,” ungkap Rektor Universitas Bina Darma, Dr Sunda Ariana, MP.d., M.M.

Sunda meminta dukungan masyarakat Sumsel agar Mahasiswa Bina Darma dapat memperoleh hasil yang terbaik. “Semoga nantinya dapat meraih hasil yang maksimal dengan perjuangan yang sangat baik,” harapnya.

Sementara itu, Mahasiswa Bina Darma Pendidikan Olahraga, Aditya dan Candra mengatakan BS-KIT merupakan rangkaian alat inovasi media berlatih backhand service dengan mempertimbangkan feeling atau rasa ketepatan gerak, ketepatan arah shuttlecock, ketepatan ketinggian shuttlecock dan ketepatan tenaga untuk digunakan siswa atau atlet pemula pada tahap belajar gerak kognitif dan asosiatif.

“Sementara alat inovasi PJB Portable merupakan alat untuk membantu meningkatkan kebugaran melalui kombinasi latihan Plyometric di rumah/indoor/outdoor terutama di masa pandemi COVID-19,” tandasnya.(RN)

LAINNYA