Gambar_Langit Gambar_Langit

Saksi Elfin Menyebut 25 Anggota DPRD Muara Enim Terima Fee Proyek

waktu baca 2 menit
Kamis, 26 Agu 2021 20:54 0 117 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Sidang lanjutan dugaan korupsi suap 16 paket proyek pada dinas PUPR Kabupaten Muara Enim, kembali menjalani sidang dengan agenda mendengarkan keterangan saksi Elfin MZ Muchtar dan Robi Okta Pahlevi, yang digelar di Pengadilan Tipikor Palembang, Kamis (26/8/2021).

Hal itu dikatakan oleh saksi terpidana Elfin MZ Muchtar saat dicecar pertanyaan terkait keterlibatan anggota DPRD kala itu oleh majelis hakim Tipikor Palembang diketuai Sahlan Effendi SH MH, Kamis (26/8/20201).

Saksi terpidana Elfin menjelaskan bahwa fee yang ditetapkan oleh Bupati Ahmad Yani adalah sebesar 15 persen.

Yang mana 10 persen nya untuk Bupati, Wakil Bupati dan 25 Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim.

“Untuk anggota DPRD itu ada yang 200 juta, tapi untuk detailnya saya lupa,” ujar saksi terpidana Elfin, dalam persidangan.

Atas keterangan itu, majelis hakim mengatakan kepada JPU KPK RI, Rikhi B Maghaz SH MH untuk menindaklanjuti dan memeriksa anggota DPRD Kabupten Muara Enim yang diduga turut menerima sejumlah uang dari perkara korupsi ini.

“Coba perkara ini diselesaikan sampai ke akar-akarnya,” singgung hakim kepada jaksa KPK RI.

JPU KPK RI Rikhi B Maghaz mengatakan jika pesan dari majelis hakim terkait 25 anggota DPRD tersebut akan disampaikan terlebih dahulu pada pimpinannya.

“Dikarenakan hal tersebut bukan wewenang kami sebagai penuntut umum untuk melakukan pemeriksaan terhadap ke 25 anggota DPRD sebagaimana yang telah disinggung oleh majelis hakim pada persidangan tadi, namun tetap akan kami sampaikan dulu kepada pimpinan,” tutupnya (Ron)

LAINNYA