Gambar_Langit Gambar_Langit

Renny Beri Bantuan untuk Warga Bercocok Tanam di Perkarangan Rumah

waktu baca 2 menit
Rabu, 4 Agu 2021 17:40 0 109 Putra Pamungkas

Palembang, Pelita Sumsel – Berbagai program dicanangkan oleh Kementerian Pertanian untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat khususnya dibidang pangan salah satunya kegiatan Pekarang Pangan Lestari (P2L).

Anggota DPR RI Hj Renny Astuti SH SpN meminta masyarakat untuk manfaatkan perkarangan rumah untuk menanam sayuran-sayuran, dengan itu paling tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarga secara mandiri.

“Manfaatnya sangat besar paling tidak untuk memenuhi kebutuhan dirumah kita sendiri,” kata Renny usai memberikan bantuan kepada Kelompok Hijau Berseri IB 1 Palembang, Rabu (3/8)

Renny memberikan berbagai bantuan kepada Kelompok HIjau Berseri diantaranya Pembuatan rumah bibit, benih sayur dan lain-lain. “Meski tidak besar namun diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat, ayo manfaatkan perkarangan rumah untuk bercocok tanam,” kata Renny.

Pada saat pandemi saat ini, dikatakan Politikus Gerindra ini pemanfaatan lahan pekarangan, benar- benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung.

“Ini kan bisa menjaga kebutuhan dan ketahanan pangan keluarga. Kita tinggal petik sayur-sayuran dari pekarangan,” kata Renny.

P2L dikembangkan dengan tujuan
meningkatkan ketersediaan, akses dan pemanfaatan pangan bagi keluarga.
Melalui P2L bisa dihasilkan pangan beragam, bergizi seimbang dan aman, sekaligus untuk peningkatan pendapatan keluarga.

Untuk mencapai tujuan tersebut, P2L dilakukan melalui pemberdayaan kelompok masyarakat, yaitu kegiatan budidaya berbagai jenis tanaman dengan memanfaatkan pekarangan di sekitar rumah, atau lahan kosong yang tidak produktif melalui pengembangan rumah bibit, demplot, pertanaman dan pasca panen serta pemasaran.

Dalam kesempatan tersebut Renny secara langsung melakukan dialog dengan masyarakat, hal tersebut untuk mendengarkan langsung keluhan masyarakat, persoalan nantinya akan disampaikan kepada pihak terkait baik itu di pusat, provinsi maupun pemkab kabupaten kota.(Ril)

LAINNYA