Gambar_Langit Gambar_Langit

5 Masalah Ini Harus Dirampungkan Barcelona 17 Hari Ke Depan

waktu baca 4 menit
Rabu, 28 Jul 2021 09:44 0 93 Admin Pelita

Pelitasumsel – Tanggal 16 Agustus 2021 merupakan tanggal di mana Barcelona memulai langkah mengarungi musim kompetisi 2021/22. Ketika waktu menyisakan 17 hari lagi, Blaugrana justru masih dihadapkan oleh segudang masalah yang harus diselesaikan. Kendati demikian, mereka tetaplah tim favorit yang dijagokan meraih gelar di musim depan. Jika menilik bursa taruhan seperti di W88 alternatif link, prediksi tersebut tetap tidak berubah.

Menumpuknya masalah Barcelona di mulai pada bulan Maret 2020 lalu. Kala itu, industri sepakbola harus terhenti karena pandemi COVID-19. Kompetisi berhenti selama beberapa bulan, namun itu sudah lebih cukup untuk membuat klub-klub raksasa berteriak. Salah satunya Barcelona yang melaporkan kerugian mencapai 1 miliar Euro karena minimnya pemasukan dari tiket penonton dan sponsor.

Pihak Barcelona bahkan sampai harus memohon berulang kali kepada para pemainnya agar bersedia memangkas gajinya. Beruntung, kesepakatan dengan pemain bisa tercapai dan Barcelona masih bisa mengarungi musim 2020/21. Tapi, masalah ternyata belum selesai sampai di situ.

Marca memberikan informasi mengenai lima masalah yang harus segera diselesaikan klub asal Catalan itu sebelum kompetisi 2021/22 dimulai. Silahkan simak informasinya di bawah ini.

Salary Cap

Masalah utama Barcelona adalah salary cap. La Liga telah menetapkan regulasi ala Financial Fair Play yang membuat tim peserta memiliki batas beban gaji. Aturan ini harus dipatuhi oleh seluruh klub La Liga agar bisa mendaftarkan pemain barunya untuk musim baru.

Pihak La Liga mengubah batas gaji secara berkala menyesuaikan biaya pengeluaran dan pemasukan klub. Barcelona yang sudah terang-terangan tengah merugi besar membuat salary cap mereka menurun drastis, begitu pula rival mereka, Real Madrid.

Padahal, beban gaji pemain-pemain Barcelona sangatlah tinggi. Mereka harus memangkas hingga 100 juta Euro gaji para pemain demi mencapai batas yang telah ditetapkan. Angka 100 juta Euro bisa dipangkas dengan menjual Antoine Griezmann dan Philippe Coutinho. Sayangnya, dua pemain itu sepi peminat dan Barcelona harus berpikir keras untuk melepas mereka dalam 17 hari ke depan.

Pengurangan Gaji

Selain menjual pemain bergaji tinggi, Barcelona bisa mensiasati salary cap dengan memangkas gaji para pemainnya. Barcelona harus meminta keikhlasan para pemainnya menerima pemotongan gaji yang cukup signifikan.

Lionel Messi sepertinya akan menjadi pemain pertama yang bakal menerima pemotongan gaji, andai berhasil dikontrak lagi. Pemain asal Argentina itu bahkan disebut bersedia menerima pemangkasan gaji mencapai 50 persen.

Manajemen Barcelona berharap sikap Messi ini menjadi cermin bagi pemain-pemain dengan gaji tinggi lainnya, seperti Gerard Pique, Sergio Roberto, Sergio Busquets dan Jordi Alba. Sejauh ini, keempat pemain itu masih belum mau menurunkan gaji mereka.

Kontrak Lionel Messi

Kontrak Lionel Messi bersama Barcelona resmi berakhir pada akhir musim 2020/21 lalu. Sang megabintang masih ingin bertahan, namun tidak ada ruang dalam anggaran gaji klub untuk menyelipkan namanya ke dalam daftar pemain. Alhasil, sampai saat ini La Pulga masih berstatus tanpa klub.

Messi sudah mengalah dengan bersedia menerima pemangkasan gaji. Namun, upaya tersebut akan berakhir nihil jika tidak ada pemain lain yang dilepas atau minimal bersedia mengurangi gajinya. Jika sampai batas pendaftaran pemain baru masalah ini belum teratasi, maka Messi berpeluang hengkang ke klub lain.

Kondisi Pemain Belum Maksimal

Beberapa pemain penting Barcelona masih belum terlihat di sesi latihan pra-musim. Mereka absen lantaran beberapa alasan, seperti libur lebih panjang pasca Euro 2020 dan Copa America 2021 hingga ada yang belum pulih dari cedera.

Coutinho, Ansu Fati, dan Ter Stegen masuk ke dalam daftar pemain yang masih menderita cedera. Belum diketahui apakah mereka bakal siap melakoni partai perdana La Liga musim 2021/22 nanti. Selain ketiga pemain itu, ada nama Sergio Aguero, Emerson, dan Lionel Messi yang masih menjalani liburan pasca membela negara masing-masing di Copa America. Sementara itu, Eric Garcia dan Oscar Mingueza dan Pedri absen karena membela timnas Spanyol di Olimpiade Tokyo.

Gelandang Baru

Barcelona sudah merekrut empat pemain baru sejauh ini, namun masih belum didaftarkan ke skuat karena salary cap. Sialnya, mereka juga sebenarnya butuh gelandang baru untuk mengisi celah di lini tengah pasukan Ronald Koeman. Artinya, beban gaji Barcelona justru akan bertambah jika mereka merekrut pemain baru lagi. [red]

 

 

LAINNYA