Home / DAERAH / UIN Raden Fatah dan UIN Sunan Kalijaga Gelar Kuliah Tamu
Foto : Dosen UIN Raden Fatah dan UIN Sunan Kalijaga saat Gelar Kuliah Tamu secara daring

UIN Raden Fatah dan UIN Sunan Kalijaga Gelar Kuliah Tamu

Palembang, Pelita Sumsel – Selama 2 hari, Rabu dan Kamis Program Studi (Prodi) Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora (Fahum) UIN Raden Fatah Palembang bekerjasama dengan Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar kegiatan Kuliah Tamu selama dua hari secara daring.

Pada hari pertama, kuliah tamu diisi oleh dosen-dosen Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang dan dilanjutkan pada hari kedua disampaikan oleh dosen-dosen Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Secara umum materi-materi yang disampaikan oleh para dosen dari kedua belah pihak prodi Ilmu Perpustakaan tersebut, tidak semua materi yang monoton dan berbentuk teori saja, tetapi membahas juga tentang praktik dalam Ilmu Perpustakaan seperti otomasi, pengindeksan subjek, preservasi/ pelestarian bahan pustaka, Paitfinder, Information on the Net dll. Kesemua materinya 50% praktek.

Narasumber dari Prodi Ilmu Perpustakaan UIN RF yaitu Dr. HErlina, Dr. Mulyadi, Yanto, M.Hum., M.IP, Misroni, M.Hum, Ahmad Wahidi, Budhi S, Dalilan, Rusmiatiningsih dan Bety. Sedangkan narasumber dari UIN Suka yaitu Dr Sri Rochyanti Z, Dra. Labibah, M.LIS, Marwiyah, Mustari, Ahmad Anwar dll.
Menariknya selama dua hari ini kegiatan kuliah tamu ini menggunakan atau didampingi oleh Juru Bahasa Isyarat dari Pusat Layanan Difabel UIn Suka.

Pada kesempatan yang sama Dekan Fahum UIN Raden Fatah Palembang, Dr.Endang Rochmiatun, M.Hum menjelaskan bahwa program kuliah tamu ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum Of Agreement (MOA) antara Fahum UIN Raden Fatah Palembang dengan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga.

“Dalam kuliah tamu ini kita berharap dapat memberikan dampak postif serta memberikan pengetahuan baru bagi mahasiswa bagi kedua belah pihak,” katanya, Kamis (10/6).

Selanjutnya Misroni selaku Sekertaris Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif, terutama untuk bertukar pemikiran dan membuat masing-masing mahasiswa baik dari ilmu perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang atau UIN Sunan Kalijaga menjadi lebih produktif lagi, hal tersebut dilandasi dengan adanya sesi tanya jawab.

Selain itu pada acara penutupan, Yanto selaku Kaprodi Ilmu Pepustakaan UIN Plg, mengatakan bahwa kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan mewujudkannya dalam bentuk program-program pengembangan khusus bagi mahasiswa seperti melengkapi Laboratorium Ilmu Perpustakaan sebagai tempat praktik untuk mahasiswa, sehingga dapat mengimplementasikan materi-materi teori dan praktik yang telah disampaikan pada Kuliah Tamu tersebut di atas.

“Akan ada tindak lanjut kegiatan berupa pelatihan Bahasa Isyarat antara Pusat Layanan Difabel UIN Suka dengan Komunitas Peduli Difabel (KPD) Fakultas Adab RF Plg yang didirikan atas prakarsa dan ide-ide cemerlang para Kaprodi di lingkungan Fakultas Adab,” pungkasnya.(Yp)

Bagikan Ini Di :