Gambar_Langit

Disdik OKU Kerjasama Dengan IPB Tingkatkan Kompetensi Guru

waktu baca 3 menit
Selasa, 8 Jun 2021 21:03 0 120 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Upaya meningkatkan kapasitas SDM Pendidik PAUD di bumi sebimbing sekundang, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (PEMKAB OKU) melalui Dinas Pendidikan OKU melakukan kerjasama dengan IPB berupa Workshop Internasional dan Pelatihan untuk Guru PAUD se-Kab. OKU.

Kerjasma ini ditandani dengan Penandatanganan MoU antara Rektor IPB dengan Plh. Bupati OKU Drs H Edwar Candra dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Dekan IPB dengan Kepala Dinas Pendidikan Kab. OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd.

“Ini merupakan tindak lanjut kerjasama tahun 2020 kemarin, tahun kemarin program kebetulan tidak berjalan karena pandemic covid 19, Sebeenarnya sudah banyak program kegiatan kita dengan IPB, dari tindak lanjut inilah tahun ini kita membuat perjanjian kerjasama,” Kata Kepala Dinas Pendidikan OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd didampingi Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Ahmad Azhar SSTP saat dibincangi di ruangannya, Selasa (8/6).

Menurut Teddy ada beberapa program kerjasama yang akan dilaksanakan bersama IPB diantaranya menyelanggarakan seminar imternasional, program memberikan pelatihan dan pendidikan kepada guru-guru tenaga pendidik di OKU dalam upaya meingkatkan kapasitas, kualitas dan kompetensi guru serta program stunting.

“Karena tahun kemarin (2020 red) kita sedang mengalami masa pandemic covid 19, seminar ini terpaksa dibatalkan, program stunting kita juga coba mereview kembali untuk tahun ini termasuk utnuk diklat kompetensi kapasitas dan kualitas guru rencananya akan kita leksanakan kembali bulan juli 2021 ini,” bebernya.

Menurut Teddy, MOU tahun 2020 kemarin hanya berlaku satu tahun, untuk itu Pemkab OKU bersama  Dinas Pendidikan kembali melakukan MOU dengan masa berlaku diperpanjang selama 5 tahun, “dan tidak hanya Dinas Pendidikan saja yang akan bekerjasama tapi seluruh Dinas Instansi di OKU juga akan melakukan kerjasama,” ujarnya.

Dikatakan Teddy, Disdik OKU akan mengirimkan sekitar 50 Guru PAUD yang dipilih untuk mengikuti Seminar pelatihan internasional peningkatan kompetensi kapasitas dan kualitas guru di IPB dengan Dosen IPB dan dari luar juga.

“Nantinya insyallah seluruh guru dari semua jenjang akan kita ikutkan pelatihan namun bertahap, sekarang leading sektornya PAUD, nanti guru yang kita kirim ini bisa belajar secara langsung tidak hanya teori tapi langsung peraktek mereka akan melihat secara langsung sekolah-sekolah binaan dan bentukan serta Lab school di IPB,” imbuhnya.

Teddy berharap dengan adanya pelatihan para guru ini dapat mengimbaskan ke guru lainnya serta menerapkan apa yang telah mereka pelajari selama pelatihan untuk kemajuan pendidikan di OKU. “Kalau kita inginnya mengirim lebih banyak guru untuk pelatihan, namun itu tadi kita masih pandemic jadi kita hanya bsia mengirim 50 orang, kita berharap kepada guru-guru yang ikut pelatihan ini nanti bisa mengibaskan dan menerapkan yang telah mereka pelajari untuk kemajuan pendidikan di OKU,” . harapnya. (AND)

LAINNYA