Gambar_Langit Gambar_Langit

Selain Harga Anjlok Petani Kesulitan Pasarkan Buah Pisang

waktu baca 2 menit
Jumat, 30 Apr 2021 21:21 0 137 Redaktur Romadon

OKU Selatan, Pelita Sumsel – Harga jenis buah pisang di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, hingga saat ini masih belum bersahabat bagi para petani pisang alias masih anjlok.

Selain harganya murah, para petani pisang juga acap kali mengalami kesulitan saat ingin memasarkan buah pisang yang di panen dari kebun mereka.

Seperti yang dikatakan Jaka seorang petani pisang yang ada di Kecamatan Buana Pemaca

“Kondisi saat ini bagi kami para petani pisang serba salah,di panen harganya murah kadang tidak sebanding dengan biaya tebang serta angkut,lebih sulit lagi jika misal buah pisang tidak di tebang dan kami tidak menjual pisang darimana kami bisa berbelanja kebutuhan dapur dirumah,” keluhnya.

Ia juga menyampaikan, untuk harga buah pisang jenis pisang gadis saat ini harganya Rp 250 serta pisang ambon sekitar Rp 700 kg.

“Selain murah kadang para petani pisang kesulitan untuk menjual buah pisang yang di panen karena minimnya pembeli saat ini,” ujarnya

Sementara itu pedagang lainnya Jhon
mengungkapkan selain harga buah pisang saat ini murah untuk pemasaran buah pisang ke pulau jawa memang cukup sulit.

“Pada dasarnya jika kita masih membeli buah pisang dari para petani saat ini adalah untuk menolong dan membantu para petani pisang saja terutama petani buah pisang langganan tempat dirinya membeli selama ini itupun jumlahnya terbatas.

“Buah pisang yang kita kirim ke jawa ke pembeli lebih besar pembayarannya saat saat kita menjual tidak cas tapi harus menunggu dulu tapi harus bagaimana lagi,” tutupnya.(DK)

LAINNYA