Gambar_Langit Gambar_Langit

Dukcapil OKUS Sambut Baik KNPI Bantu Warga Miliki Dokumen Kependudukan

waktu baca 2 menit
Minggu, 25 Apr 2021 11:20 0 111 Redaktur Romadon

OKU Selatan, Pelita Sumsel – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Simpang, terus melakukan terobosan dalam rangka membantu program kerja pemerintah kabupaten OKU Selatan. Kali ini, membantu warga yang ingin segera memiliki administrasi kependudukan (adminduk).

ketua KNPI Simpang, Adi Gautama, mengatakan, Program KNPI Peduli Adminduk ini dilatarbelakangi masih banyaknya warga kecamatan Simpang yang belum memiliki dokumen kependudukan.

“Agar warga lebih mudah mendapatkan Administrasi kependudukan. Seperti Kartu Keluarga, akte kelahiran,kartu Indentitas anak dan lain sebagainya secara gratis,” ucapnya

Ia mengaku, untuk desa yang dipimpinnya saat ini hampir 90 persen lebih warga telah memiliki adminduk saat ini.

Dan karenanya banyaknya warga yang di luar desa Karang Agung yang meminta agar dipermudah dalam mengurus dokumen kependudukan, maka dia bersama pengurus kecamatan menggagas kegiatan KNPI peduli Adminduk.

“Banyaknya masyarakat dari luar desa yang meminta bantuan. Melalui organisasi ini kami bisa melayani masyarakat. Dan dengan kegiatan ini semoga masalah dokumen kependudukan segera dapat teratasi,” harapnya.

Ia menambahkan untuk mekanisme sendiri nanti masyarakat cukup datang ke sekretariat PK KNPI Kecamatan Simpang.

“Untuk mekanismenya nanti cukup masyarakat yang akan menerbitkan Aminduk cukup datang ke sekretariat kita, dan nanti ada petugas, kemudian rekan kita yang akan mendata apa yang akan diterbitkan. Serta juga dalam kesempatan ini kami memberitahukan bahwasanya semua pelayanan tersebut gratis , sehingga masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun juga,” terangnya

Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten OKU Selatan, Lia Tirtayana menyambut baik atas kepedulian KNPI dalam rangka membantu warga dalam memiliki dokumen kependudukan.

Dikatakannya, keterlibatan KNPI Simpang dalam membantu kepengurusan Adminduk ini diyakini akan berjalan maksimal. Karena mereka akan langsung terjun ke masyarakat, sehingga semua lapisan dapat tersentuh pelayanan.

“Kami mengapresiasi kepedulian KNPI Simpang dalam membantu program pemerintah, terkait administrasi kependudukan. Harapan kami tentunya bagi warga yang selama ini belum memiliki dokumen kependudukan dapat teratasi dengan cepat,” tutupnya.(DK)

LAINNYA