Gambar_Langit

Jelang Ramadhan Sejumlah Kebutuhan Pokok merangkak Naik, Daya Beli Masih Lesu 

waktu baca 2 menit
Kamis, 8 Apr 2021 11:57 0 87 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Martapura mulai merangkak Naik. Mulai dari komoditas ayam potong, telur ayam, minyak sayur, gula pasir dan bawang merah bawang putih harganya meningkat. Pedagang menilai, kenaikan ini mengikuti tren menjelang Ramadhan.

Pedagang Pasar Modern Martapura Endang mengatakan, kenaikan harga sudah mulai terjadi sejak pertengahan bulan Maret lalu. Hal ini menurutnya dipicu dengan suasana menjelang Ramadhan sudah di depan mata.

“Karena memang dari supplier sudah naik, seperti ini sudah biasa mendekati ramadhan Biasanya sejumlah kebutuhan pokok naik semua,” ujarnya, Kamis (08/04/2021).

Dia menyebut kenaikan terjadi pada Ayam potong yang sebelumnya dikisaran harga Rp 25 ribu kini naik menjadi Rp 30 ribu/kg. Ayam kampung yang sebelumnya Rp 55 ribu naik menjadi Rp 60 ribu/kg. Untuk daging sapi sebelumnya kisaran Rp 95 ribu naik menjadi kisaran Rp 120 ribu/kg. Telur ayam satu karpet dari Rp 38 ribu menjadi Rp 45 ribu. Minyak sayur dari Rp 13 ribu naik Rp 15 ribu perliter. Gula pasir hanya naik dikit dari Rp 11 ribu naik menjadi Rp 12 ribu/kg.

Sedangkan pada komoditas Bawang merah sebelumnya Rp 24 ribu naik menjadi Rp 30 ribu/kg. Bawang putih dari sebelumnya Rp 35 ribu naik menjadi Rp 45 ribu/kg. Sedangkan jenis ikan teri mengalami penurunan dari sebelumnya Rp 90 ribu/kg turun jadi Rp 70 ribu/kg. Sedangkan untuk cabai saat ini masih normal kisaran Rp 30 ribu/kg tergantung kualitas.

“Memang sejumlah harga kebutuhan pokok naik, tapi daya beli masyarakat turun mungkin faktor pandemi. Jadi aktivitas kami pun lesu pak, bahkan ada beberapa toko teman tutup,” ujarnya. (fah)

LAINNYA