Gambar_Langit

Warga Lorong Sungai Jawi Ikuti Penyuluhan Penyakit Tidak Menular

waktu baca 1 menit
Rabu, 17 Mar 2021 14:44 0 101 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Leny Marlina SKM MKM dari Dinas Kota Palembang memberikan penyuluhan tentang penyakit tidak menular (PTM) melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 sebagai kegiatan non fisik.

Dikatakan Leny, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada kepada masyarakat tentang penyakit menular dan tidak menular. Sehingga ketika ada gejala dapat segera memeriksakan langsung ke dokter.

” Adanya sosialisasi ini kita dapat melakukan pencegahan penyakit menular dan tidak menular dan dapat mengurangi resiko penularan,” katanya Rabu (17/3/2021).

Dikatakan Leny penyakit tidak menular adalah penyakit yang tidak ditularkan melalui perorangan, yaitu perkembangannya berjalan secara perlahan dengan jangka waktu panjang (kronis).

Penyakit ini bukan disebabkan infeksi kuman, misalnya penyakit jantung, stroke, diabetes melitus, kanker, penyakit paru obstruktif kronik, cedera, gangguan indra, serta penyakit yang disebabkan oleh perilaku dan lingkungan yang tidak sehat.

Masih dikatakan Leny, melalui penyuluhan kesehatan masyarakat diimbau agar selalu menjaga pola hidup sehat dan bersih serta mengkonsumsi makanan bergizi, tidak merokok, selalu berolahraga dan menjaga lingkungan sekitar agar selalu bersih.

” Adanya penyuluhan ini kita dapat mengurangi risiko penyakit menular. Dimana pada prinsipnya saya sampaikan kepada warga ketika ada gejala penyakit segeralah berkonsultasi dengan tenaga medis agar penyakitnya cepat ditangani,” pungkasnya.

LAINNYA