Home / DAERAH / OKU RAYA / OKU TIMUR / Semua Hasil Pengawasan Inspektorat OKU Timur Tahun 2020 Dilakukan Pembinaan
Sekretaris Inspektorat OKU Timur Moongjali, SH

Semua Hasil Pengawasan Inspektorat OKU Timur Tahun 2020 Dilakukan Pembinaan

OKU Timur, Pelita Sumsel – Dari hasil pengawasan Inspektorat Kabupaten OKU Timur selama tahun 2020, baik di Pemerintahan Desa maupun di Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terdapat sejumlah kekurangan administrasi dalam pelaporan hasil pekerjaan.

Kepala Inspektorat OKU Timur Hasbullah, SH MM melalui Sekretaris Moongjali, SH mencontohkan, seperti di Pemerintah Desa masih terdapat kendaraan inventaris yang belum di buat nomor Inventaris. Kegiatan rapat-rapat yang belum ada daftar hadir, perjalan Dinas tidak ada surat tugas. Sedangkan di Instansi atau OPD dari hasil pengawasan diakuinya memang ada beberapa Dinas yang diperintahkan untuk mengembalikan sejumlah uang karena ada administrasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Ada di beberapa dinas yang memang harus mengembalikan sejumlah uang, secara adminitrasi tidak dapat dipertanggungjawabkan karena kelebihan membayar,” katanya. Rabu (03/03/2021).

Sejauh ini lanjut dia, di Dinas dan Desa setelah dilakukan pemeriksaan semuanya dilakukan pembinaan karena mereka taat. Sehingga tidak ada hasil pengawasan Inspektorat yang dilimpahkan ke aparat penegak hukum. Selain itu dari hasil pemeriksaan semua pembangunan infrastruktur di desa yang menggunakan dana Desa diakuinya telah sesuai RAB.

“Hasil pemeriksaan kita bisa kita limpahkan ke aparat penegak hukum jika ada yang tidak taat dan tidak kooperatif, tapi sejauh ini di OKU Timur belum ada, sebab semua taat dan dilakukan Pembinaan,” katanya.

Untuk pemeriksaan di OPD ada beberapa dinas yang jika sudah di periksa oleh BPK, Inspektorat tidak bisa lagi memeriksa kegiatan tersebut. Pihaknya hanya melakukan pendampingan dan selanjutnya menerima hasil pemeriksaan. Dirinya mengakui di tahun 2020 rata-rata baik di OPD maupun pemerintahan Desa dilakukan pembinaan akibat adanya kekurangan administrasi.

“Inspektorat mempunyai tugas melaksanakan pengawasan fungsional terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah serta Usaha Daerah lainnya. Tujuannya memastikan good governance, clean government, dan pelayanan publik, merupakan bagian yang dibentuk untuk melakukan pengawasan secara internal,” ujarnya. (fah)

Bagikan Ini Di :