Gambar_Langit Gambar_Langit

Bupati Harapkan Penyuluh Pertanian Berikan Energi Positif Bagi Petani 

waktu baca 3 menit
Senin, 8 Feb 2021 13:04 0 79 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pertaniannya gelar Temu kangen bersama tenaga penyuluh Pertanian Kabupaten OKU Timur untuk profesionalisme dan sumberdaya manusia (SDM ) pertanian di balai rakyat pemkab Senin Pagi (8/2/21).

Turut Hadir Bupati OKU Timur H Kholid Mawardi ,Plt Kepala Dinas Pertanian sumsel Ir Bambang Pramono, Plt Kepala dinas ketahanan pangan Sumsel Ir.Rasuan Effendi, Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Ir M Husin, para penyuluh Pertanian se-Kabupaten OKU Timur

Bupati OKU Timur Kholid Mawardi sampaikan melalui tenaga penyuluh pertanian ini diharapkan mampu merubah pola pikir petani menjadi lebih baik. “Termasuk merubah paradigma dalam pola tanam agar meningkat hasil dan pendapatan”, kata Kholid

Yakinkan para petani melalui pertanian bisa sukses. Juga berharap petani di OKU Timur tidak hanya bercocok tanam tapi juga harus utamakan kualitasnya, “Yang jelas kita sudah sepakat bersama penyuluh agar lebih semangat untuk menggelorakan pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan dengan manajemen yang lebih baik,” lanjutnya.

Masih menurutnya sektor pertanian di Kabupaten OKU Timur menjadi andalan serta unggulan, jadi dalam mengelola pertanian tidak hanya kuantitasnya tetapi juga harus dijaga kualitasnya.keberadaan penyuluh pertanian mampu berikan energi positif bagi petani. “Petani harus mampu bercocok tanam dengan benar dan tidak seenaknya sendiri,” ujarnya.

Selain itu, Kholid minta lima bidang petani pertanian di OKU Timur semuanya harus sukses. “Alhamdulillah, OKU Timur saat ini sudah ada binaan untuk pertanian cara organik, untuk lahannya akan diperluas lagi sehingga Kabupaten OKU Timur bisa mandiri pangan secara keseluruhan,” ujarnya

Sementara Kepala Dinas Pertanian, OKU Timur M.Husin mengatakan Dalam rangka mewujudkan OKU Timur sebagai lumbung pangan provinsi sumatera Selatan dan Mempercepat target pertanian di OKU Timur, di isi dengan penyuluh satu desa satu penyuluh pertanian di antaranya tenaga berstatusn ASN berjumlah 72 orang, penyuluh pertanian swadaya sebanyak 97 orang, tenaga karyawan lepas PHL sebanyak 28 orang tenaga kontrak Pendamping pembangunan 3 orang dan Pendamping ekonomi pertanian sebanyak 194 orang.

Jumlahnya tenaga penyuluh untuk membantu petugas Pertanian demi meningkatkan hasil pertanian melalui program yang telah di lakukan agar dapat menumbuhkan peningkatan hasil pertanian.

Sementara meningkatnya akan kebutuhan padi Organik OKU Timur telah tersedia lahan padi Organik di 3 kecamatan sebanyak 37 hektar dan beras Organik kini telah mendapatkan sertifikat beras organik.

Selain itu diharapkan dukungan pemerintah daerah dan pemerintah pusat agar memperlancar usaha rakyat dibidang Pertanian. “Saya berharap petani bisa lebih pintar berbudidaya dilahan pertanian sekaligus tahu apa yang dibutuhkan pasar dan mana saja yang bisa mengutungkan,” terangnya.

Husin optimistis, jika petani bisa mengaplikasikan pola tanam yang benar, bukan mustahil target pertanian bisa terpenuhi, “Target kedepan produksi padi akan kita tingkatkan dari delapan ratus ribu ton bisa naik, sedangkan untuk tanaman organik lahan bisa lebih luas lagi. (ril)

LAINNYA