Gambar_Langit

Kawal Pembangunan di OKU Timur, Kejari Siapkan Program Strategis 

waktu baca 2 menit
Jumat, 29 Jan 2021 16:54 0 95 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Kejaksaan Negeri OKU Timur menyatakan siap akan melakukan pengawalan terhadap berbagai pembangunan di OKU Timur kedepan baik dibidang Sumber Daya Manusianya maupun Sumber Daya Alamnya. Hal itu diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri OKU Timur Dr. Akmal Kodrat, S.H M.Hum melalui Kasi Intel Darmadi Edison, SH. Jum’at (29/01/2021) di ruang kerjanya.

Pengawalan tersebut melalui peran Kejari mendukung upaya Pemerintah Daerah, dalam melakukan percepatan pembangunan dalam bentuk konrit dengan menggunakan fungsi bidang Intelejen dan bidang Datun. Menjalankan fungsi pengamanan dan pendampingan hukum terhadap proyek strategis yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten OKU Timur.

“Pengawalan ini juga agar proses penyerapan anggaran dapat terlaksana seusai dengan ketepatan waktu, tepat sasaran dan memberikan manfaat bagi Masyarakat OKU Timur,” katanya.

Selain itu lanjutnya, pihaknya akan menggunakan fungsi intelejen secara konkrit dengan mengajak partisipasi masyarakat dalam mengawal dan mengawasi jalannya pembangunan. Baik itu melalui program penyuluhan dan penerangan hukum secara masif. Ditambah turut membantu Pemda mengamankan dan memulihkan aset daerah melalui fungsi penegakan hukum baik secara persuasif maupun preventif oleh bidang Intel dan Datun maupun secara referensi oleh bidang Pidsus.

“Melakukan kebijakan hukum untuk berupaya mewujudkan kesadaran hukum masyarakat dibidang tindak pidana umum melalui instrumen restoratif dan melakukan perlindungan perempuan dan anak dari perilaku anti sosial. Mulai awal Januari ini kami sudah melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang hukum di Kecamatan Martapura. Target kita nanti merata di 20 Kecamatan,” Sebut Darmadi.

Terkait pengawalan tersebut, Darmadi menuturkan peran masyarakat sangat penting dalam pengawalan pembangunan ini. Sehingga dapat mendukung pembangunan di OKU Timur kedepan semakin baik. Disisi lain dirinya juga menghimbau ke Pemda agar melaksanakan program-program kegiatan dilakukan secara transfran dan akuntabel dan bersinergi dalam membangun OKU Timur bersama semua aspek.

“Mari, masyarakat juga harus turut berperan dalam pengawalan pembangunan, kalau ada yang perlu di sampaikan ke kami masyarakat jangan sungkan, masyarakat harus memiliki kepedulian terhadap majunya pembangunan di OKU Timur,” imbuhnya. (fah)

LAINNYA