Gambar_Langit Gambar_Langit

Danau Shuji Lembak Primadona Baru Wisata Kabupaten Muara Enim

waktu baca 2 menit
Sabtu, 23 Jan 2021 16:00 0 154 Admin Pelita

Muara Enim, Pelita Sumsel – Sebagai daerah tujuan wisata di Sumatera Selatan (Sumsel), Kabupaten Muara Enim selain kaya dengan beragam budaya dan adat istiadatnya yang unik, juga menyimpan sejuta keindahan panorama alam cantik.

Salah satunya, Danau Shuji yang berada di Desa Lembak Kecamatan Lembak, Muara Enim, yang kini menjadi objek wisata primadona baru di Bumi Serasan Sekundang.

Dinas Pariwisata Pemkab Muara Enim melalui pengelola Danau Shuji dalam hal ini perlu melakukan percepatan dalam pembuatan rencana induk serta legalitas Danau Shuji. Ini pun merupakan upaya mempromosikan destinasi pariwisata Danau Shuji yang ditetapkan pemerintah sebagai satu diantara destinasi prioritas yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Bob Permana yang akrab disapa Bung Bob itu selaku pengelola Danau Shuji Lembak mengungkapkan, secara prinsip Pemkab Muara Enim meminta komitmen pada kepastian penanaman modal. Ini pun dilakukan dengan pembuatan legalitas di Kantor Notaris, Rifki Baday SH MKn, Jumat (22/1).

“Pembuatan legalitas Danau Shuji untuk saat ini sudah kita lakukan. Tadi di kantor Notaris Rifki Baday SH. Dan harapan kami sebagai pengelola, Danau Shuji ini kedepan akan lebih dapat meningkat kesejahteraan khususnya bagi masyarakat Lembak,” katanya.

Sekedar informasi, objek wisata baru yang konon dahulu kala sebagai tempat peristirahatan dan dapurnya para tentara jepang di Desa Lembak, Muara Enim yang tak lain Danau Shuji ini dibangun Bob Permana bersama para pemuda desa setempat secara swadaya sejak di penghujung 2019 lalu.

“Tidak ada bantuan dari pemerintah. Karena ide awalnya ini saya dan pemuda-pemuda Desa Lembak membuat untuk rekreasi warga sekitar sini saja. Tapi tidak disengaja juga banyak orang datang kesini karena memang spotnya mengundang perhatian,” kata Bob Permana beberapa waktu lalu.

Selain memiliki panorama alam yang indah seperti pepohonan yang mengelilingi danau, Bob Permana juga membangun pondok-pondok yang terbuat dari puluhan batang pohon yang menghadap ke area danau, serta perahu yang dijuluki ‘perahu cinta’ oleh para pemuda di Lembak.

“Kalau untuk perahu dan pondok serta patung panglima Jepang ini icon danau Shuji, inspirasinya memang dari dahulunya lokasi ini bekas dapur peninggalan sejarah tentara Jepang,” ungkap Bob Permana. (NVJ)

LAINNYA