Gambar_Langit

Gambo Muba Pukau Tokoh Muslim Nasional

waktu baca 4 menit
Selasa, 22 Des 2020 14:16 0 81 Redaktur Romadon

Jakarta, Pelita Sumsel – Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza kembali meraih penghargaan di tingkat nasional, kali ini istri dari Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA tersebut meraih award dari Moeslim Choice Award 2020 kategori Inspiring Figure Nasional.

Moeslim Choice Award 2020 memberikan award kepada sejumlah Tokoh Nasional di Republik ini, diantaranya Presiden RI ke 6, Jenderal TNI (Purn), Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPaN-RB), Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan sejumlah Tokoh Nasional lainnya.

Untuk kategori Inspiring Figure Nasional, tidak hanya Ketua TP PKK Muba Thia Yufada namun ada juga Nicke Widyawati, Thia Yufada, Deddy Corbuzier, Baim Wong, Dude Harlino & Alyssa Soebandono, dan Ratu Dewa.

CEO Majalah Moeslim Choice, Usman Rizal menerangkan, ada delapan kategori penghargaan yang akan diberikan malam ini, antara lain Governence Award, Ulama dan Juru Dakwah, Moeslim Entrepreneur, Inspiring Figure, Democracy Award, Man Of The Year, Life Time Achivement dan Lembaga Keuangan Syariah.

“Tahun ini adalah tahun ke tiga pemberian penghargaan yang kita berikan kepada tokoh nasional dan daerah yang mampu memberikan inspirasi bagi negeri,” ungkapnya di sela kegiatan penghargaan Moeslim Choice Award 2020 di Auditorium TVRI Jakarta, Senin (21/12/2020) malam.

Usman menuturkan, pada tahun ini, ada beberapa tokoh muda yang diberikan penghargaan. Mulai dari artis hingga tokoh muda di daerah, yang telah memberikan inspirasi bagi kaum milenial tanah air.

Seperti Baim Wong dan Dedy Corbuzier yang mendapat penghargaan Moeslim Entrepreneur dan Ketua TP PKK Muba Thia Yufada yang menjadi satu-satunya Ketua TP PKK di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Inspiring Figure.

“Kita menganggap Thia Yufada adalah sosok Inspiring Figure Nasional, gebrakan dan program-program yang dilakukan menjadi sebuah perubahan khususnya di Kabupaten Muba,” ulasnya.

Hj Thia Yufada sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Musi Banyuasin telah berhasil mengangkat derajat kaum wanita di desa dengan memanfaatkan limbah getah gambir menjadi produk bernilai tinggi yakni kain jumputan Gambo Muba. Produk limbah ramah lingkungan ini telah mendunia dan telah menjadi trend dunia mode fashion.

“Bukan hanya fashion kini produk Gambo Muba telah masuk ke hotel-hotel berbintang. Kini fashion Gambo Muba tidak hanya dikenal di nasional tapi juga dikenal hingga ke Cina, Kuwait dan Dubai”, tukasnya.

Thia Yufada Dodi Reza mengucapkan Terima kasih atas kepercayaan untuk mendapatkan penghargaan Inspiring Figure Nasional. “Saya persembahkan penghargaan ini untuk semua warga masyarakat Muba terutama seluruh pihak yang telah mengusahakan Gambo Muba. Para petani gambir di Muba, kaum ibu, penjumput di pedesaan se-Kabupaten Muba dan seluruh pihak yang mencintai dan mendukung Gambo Muba,” ucap Wanita Inspirasi Sumsel ini.

Penghargaan ini adalah amanah untuk terus mengembangkan karya Gambo Muba dengan berpegang teguh pada 3 prinsip yaitu hanya menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan dan pemanfaatan limbah disekitar serta yang terpenting adalah keberpihakan pada usaha mikro kecil dan menengah demi kemaslahatan masyarakat.

“Nenek, uwak, bibik mamang di Kabupaten Musi Banyuasin penghargaan ini untuk kitek galek”, ujarnya.

Ketua Persatuan Wanita Olahraga Indonesia (Perwosi) Sumsel ini menambahkan dirinya bersama pengurus TP PKK Muba akan terus berbuat untuk kebaikan warga masyarakat di Muba. “Award ini akan menjadi pemecut semangat TP PKK Muba untuk terus berbuat dan menginspirasi,” tandasnya.

Dalam rangkaian kegiatan penghargaan Moeslim Choice Award 2020 di Auditorium TVRI Jakarta tersebut juga ditampilkan eco fashion Gambo Muba yang dipakai langsung model top Indonesia Sandy Syarif. Alhasil, fashion Gambo Muba berhasil memukau Tokoh Nasional dan tamu undangan yang hadir.

Diketahui, Gambo Muba adalah kain khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma. Kini pasangan suami istri Dodi-Thia mampu mendorong perajin gambir dengan merubah limbah menjadi pewarna utama kain. Sebagai produk Eco fashion, Gambo Muba memakai 100 persen pewarna alami antikimia.

Ini juga menjawab isu international bahwa lebih dari 50 persen limbah kimia berasal dari limbah tekstil. Gambo Muba adalah aksi alternatif dan sumbangan Muba untuk dunia tekstil, produk ini tidak menghasilkan limbah kimia tetapi memanfaatkan limbah getah gambir sebagai pewarna alami Gambo Muba.(Ron)

LAINNYA