Gambar_Langit

Pemkab Muba Siap Dukung dan Komitmen Terhadap Kemajuan Penyandang Disabilitas

waktu baca 2 menit
Jumat, 4 Des 2020 18:51 0 74 Admin Pelita

Sekayu, Pelita Sumsel – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menerima kunjungan dari Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Muba. Pertemuan dilakukan di Ruang Rapat Sekda, Jumat (4/12/2020).

Acara pertemuan ini di sambut baik oleh Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melalui Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi yang pada kesempatan tersebut mengucapkan, Selamat Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang telah diperingati pada tanggal 3 Desember kemarin, Semoga para disabilitas yang ada seluruh dunia khususnya di Kabupaten Muba selalu sejahtera dan memperoleh kesetaraan sosial dimana pun berada.

Untuk pemenuhan hak-hak para penyandang disabilitas di Kabupaten Muba. Pemerintah akan berkomitmen untuk mendorong hadirnya pendekatan pembangunan dan pelayanan berbasis Hak Asasi Manusia kepada peyandang disabilitas, serta mendorong kesadaran sosial dari pemerintah dan masyarakat dalam menghadirkan kesempatan dan keadilan kepada disabilitas.

“Karena pada dasarnya hak dari penyandang disabilitas ini sama. Hanya saja perlu kebutuhan khusus untuk lebih diperhatikan agar bisa merasakan kesetaraan dengan yang lainnya,”ucap sekda.

Terkait dengan pemenuhan hak penyandang disabilitas, Pemkab Muba sudah berupaya untuk memberikan yang terbaik mulai dari akses pendidikan, kesehatan hingga kesetaraan yang nantinya upaya ini akan terus dikembangkan agar para penyandang disabilitas ini semakin sejahtera.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Muba Dewi Harni mengungkapkan, terima kasih atas upaya serta tanggungjawab yang telah Pemkab Muba lakukan terhadap para penyandang disabilitas yang telah tergabung dalam organisasi PPDI Muba. Dari pertemuan ini kami juga meminta support dari Pemerintah terhadap hak-hak kebutuhan peyandang disabilitas tentang pekerjaan dan kesehatan.

“Keberadaan dari para penyandang disabilitas ini lebih diperhatikan lagi, yang di antaranya dari aspek pemenuhan pendidikan, kesehatan dan ekonomi,”ujarnya

Ditempat yang sama, Apriyadi salah satu pengurus PPDI Muba menyampaikan bahwa organisasi PPDI Merupakan wadah tempat berkumpulnya para penyandang disabilitas dimana tujuan organisasi ini yakni melakukan advokasi mendorong terkait komitmen pemerintah dalam pemenuhan hak-hak bagi para penyandang disabilitas.

Sesuai arahan Presiden Jokowi dalam sambutan pada Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional 3 Desember 2020 mengatakan bahwa tidak boleh ada satupun penyandang disabilitas tertinggal dari berbagai program layanan yang diberikan oleh pemerintah dan juga kementerian/lembaga.

Dan pemerintah daerah harus aktif mendukung mulai dari perlunya sinkronisasi data penyandang disabilitas secara nasional libatkan penyandang disabilitas dalam membuat dokumen rencana aksi nasional dan aksi daerah dan kawal semua implementasinya agar dirasakan khususnya untuk penyandang disabilitas.

“Kami Juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Bupati, Wakil Bupati serta Sekda yang komitmen dan memperhatikan kawan-kawan penyandang disabilitas,”pungkasnya. (YFR/Ril)

LAINNYA