Gambar_Langit Gambar_Langit

Usai Diskusi “Maupau Sua Ngopi” Pemuda Pemudi Bantan Raya Nyatakan Sikap Untuk Kemajuan Desa

waktu baca 2 menit
Sabtu, 21 Nov 2020 16:11 0 121 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Pemuda-pemudi dari Desa Bantan Pelita, Bantan dan Negeri Pakuan Kecamatan Buay Pemuka Peliung menggelar kegiatan diskusi bareng atak Talkshow dengan mengusung tema “Maupau Sua Ngopi” dan mengulas fungsi muli meranai untuk kemajuan desa atau tiyuh. Disikui ini digelar diBalai Desa Negeri Pakuan Sabtu (21/11/2020).

Diskusi ini menghadirkan narasumber dari Anggota DPRD OKU Timur Irlan, SE dari Partai Gerindra Dapil 1, tokoh Masyarakat Komering Dodi Purnama, ST MM yang juga Kabid Pembinaan Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur, Kades Negeri Pakuan, serta moderator dari Dosen Itera Lampung Lesi Mareta, S,Si M.Si. Diskusi ini dibuka langsung Kepala Desa Negeri Pakuan, Pahrulrozi.

Samsul Awaludin Ketua Pelaksana menjelaskan, selain dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, diskusi ini bertujuan memberikan gambaran pada peserta mengenai perkembangan desa terkini. Serta sebagai sebagai wadah diskusi bagi pemuda pemuda desa untuk berperan aktif dalam kemajuan desa atau Tiyuh.

Hal yang sama ditambah Dodi Purnama, ST, MM selaku narasumber, Pemuda pemudi Bantan Raya yang sedang memperdalam ilmu hendaknya pulang kembali ke desa untuk menyampaikan dan menerapkan ke masyarakat. Sebab mereka diharapkan dapat berperan aktif dalam berorganisasi dan mengorganisir diri dalam lembaga kemasyarakatan desa yang bisa menjadi wadah bagi pemuda untuk berdinamika. “serta untuk menyalurkan ide, berkreasi dalam bidang olahraga, seni budaya, wirausaha, dan pengabdian pada bidang lainnya,” katanya.

Irlan, SE Anggota DPRD OKU Timur juga mengatakan, Pemuda pemudi khususnya di tiga desa ini agar ikut berperan dalam mengawasi, mengontrol kebijakan atau pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Desa. “Kita juga berharap pemuda pemudi juga dapat membangun sinergi dengan para sesepuh desa dan perangkat desa dalam memajukan potensi di desa,”ujarnya.

Diakhir acara peserta diskusi menyampaikan pernyataan sikap untuk ikut berperan aktif dalam kemajuan desa dan selanjutnya perwakilan pemuda Pemudi desa menandatangani kesepakatan tersebut untuk dijadikan pedoman dalam pergerakan pemuda desa berperan serta dalam kemajuan desa atau tiyuh.

Secara terpisah, Firli Purnama Jaya salah satu tokoh pemuda Bantan Raya menegaskan bahwa pemuda pemudi di desa bisa menjadi wakil terdepan dalam berbagai ajang kompetisi masyarakat. “Kompetisi yang dimaksud akan meningkatkan daya saing pemuda dalam kiprahnya untuk kemajuan desa,” pungkasnya. (ril)

LAINNYA