Gambar_Langit Gambar_Langit

Air Terjun Manduriang Perlu Ditata Maksimal

waktu baca 3 menit
Kamis, 12 Nov 2020 20:21 0 323 Admin Pelita

OKU Selatan, Pelita Sumsel – Air terjun Manduriang terletak Desa Simpang Sender Utara Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BPRRT) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Pesona yang dimiliki air terjun Manduriang cukup indah dan keberadaannya saat ini telah cukup dikenal oleh sebagian besar masyarakat yang ada di Kabupaten OKU Selatan bahkan oleh masyarakat luar.

Untuk mencapai keberadaan lokasi air terjun Manduriang Desa Simpang Sender Utara dari titik jalan provinsi yang ada di Desa Simpang Sender Utara, pengunjung harus berjalan masuk kedalam wilayah dusun empat dengan jauh perjalanan kurang lebih 1,5 Kilometer (km).

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda empat, kendaraan bisa masuk hanya sampai di daerah perkampungan pemukiman penduduk yang berada di dusun empat atau sampai ke sekitar SDN Manduriang,kemudian pengunjung harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 350 meter untuk sampai ke lokasi.

“Air terjun manduriang sangatlah indah dan airnya sejuk,keberadaan air terjun Manduriang semoga akan lebih di tata lagi kedepan supaya pengunjung akan semakin merasa betah juga nyaman ucap keduanya dibincangi di lokasi Air terjun Manduriang,” tutur Tar dan Nila, warga desa yang dibincangi Pelita Sumsel, Kamis (12/11).

Menurut mereka, dengan lebih ditatanya keberadaan lokasi Air Terjun Manduriang saat ini, diharapkan bisa benar benar akan menjadi salah satu destinasi wisata alam andalan yang ada di Kabupaten OKU Selatan, selain bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi desa maupun kabupaten.

Namun bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda dua atau sepeda motor, kendaraan bisa sampai serta masuk ke titik lokasi keberadaan air terjun manduriang.

Dari tepi jalan provinsi untuk menuju ke titik lokasi Air Terjun Manduriang, sebagian akses jalan terlihat telah merupakan jalan cor beton terutama dari jalan provinsi sampai lokasi SDN Manduriang.

Sedangkan untuk menuju ke lokasi air terjun manduriang dari jalan cor beton yang ada di daerah pemukiman penduduk dusun empat desa setempat, akses jalan masih berupa jalan tanah atau jalan yang merupakan untuk menuju perkebunan warga yang hanya bisa dilewati sepeda motor atau berjalan kaki.

Pantauan Pelita Sumsel Kamis (13/11) saat mengunjungi keberadaan lokasi Air Terjun Manduriang, selain terlihat indah, keberadaan Air terjun Manduriang harus di tata lagi oleh pihak terkait agar bisa menjadi salah satu andalan destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten OKU Selatan.

Untuk akses jalan menuju lokasi dari titik jalan cor beton yang ada di wilayah dusun empat, selain masih merupakan jalan tanah serta dirasakan cukup sempit, kedepan akses jalan yang ada mungkin perlu disemenisasi dibangun berupa jalan setapak dan untuk jalan turunan menuju ke bawah lokasi air terjun perlu dibuat tangga permanen serta dibuatkan tempat beristirahat saat pengunjung merasa lelah saat menaiki tangga naik keatas,agar pengunjung lebih merasa nyaman.

Cukup banyaknya sampah yang terlihat berceceran di lokasi air terjun saat dikunjungi yang membuat kawasan sekitar air terjun menjadi kotor dan mengurangi kenyamanan juga harus menjadi perhatian dari pihak terkait, bagaimana agar kawasan air terjun terlihat selalu bersih.

Termasuk minimnya sinyal telekomunikasi yang ada di sekitar lokasi air terjun,juga menjadi perhatian dari portal ini saat berkunjung melihat secara langsung pesona keindahan air Terjun Manduriang. (DK)

LAINNYA