Gambar_Langit

Palembang Miliki Pasar Ikan Modern Satu – Satunya di Sumatera

waktu baca 2 menit
Jumat, 6 Nov 2020 20:48 0 99 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel— Setelah Jakarta dan Jawa Barat, kali ini Indonesia memiliki Pasar Ikan Modern (PIM) ketiga yang belokasi di kota Palembang, Sumatera Selatan setelah diresmikan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo.

Sebagai satu-satunya Pasar Ikan Modern di Pulau Sumatera, PIM yang berlokasi di Jalan MP Mangkunegara, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) Tiga tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat kota Palembang akan ikan yang segar sesuai dengan kuliner khasnya, yaitu Empek-empek.

Walikota Palembang, H. Harnojoyo nampak mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dinilai telah sangat membantu adanya Pasar Ikan Modern tersebut, sehingga kedepan diharapkan dapat melayani masyarakat kota Palembang dalam mendapatkan kebutuhan ikan-ikan segar untuk dikonsumsi.

“Atas nama pribadi, Pemerintah dan masyarakat kota Palembang mengucapkan terima kasih kepada Kementerian KeKKP yang telah membantu bangunan pasar ikan modern yang satu-satunya di luar Pulau Jawa,” kata Harnojoyo usai peresmian Pasar Ikan Modern, Jumat (06/11).

Harnojoyo juga menyampaikan, dengan hadirnya Pasar Ikan Modern tersebut, diharapkan kedepan dapat bermanfaat bagi masyarakat kota Palembang guna memenuhi kebutuhan ikan-ikan segera yang kerap kali menjadi konsumsi utama warga masyarakat. “Tentu sebagaimana kita ketahui, bahwa ikan ini mengandung protein yang sangat tinggi dan dibutuhkan oleh manusia,” ujar Harnojoyo.

“Mudah-mudahan dengan adanya pasar ikan modern ini di kota Palembang akan mendapatkan ikan yang berkualitas, ikan yang bersih dan ikan yang layak untuk dikonsumsi,” tambahnya.

Masih dikatakan Walikota Palembang dua periode itu, bahwa Pasar Ikan Modern yang ada di kota Palembang saat ini, diharapkan dapat hadir juga di beberapa lokasi atau daerah lainnya.

“Mudah-mudahan pasar ikan ini bukan hanya di Palembang saja, akan tetapi dapat hadir juga di tempat-tempat lain dengan bangunan yang bagus,” harapnya.

Diungkapkan Harnojoyo, dengan adanya Pasar Ikan Modern saat ini, kesan pasar ikan yang kerap kali becek ataupun memiliki bau yang tidak sedap diharapkan juga dapat segera hilang dari apa yang sering kali dibayangkan oleh masyarakat.

“Dan pasar ikan ini juga memiliki tempat yang sangat strategis serta mudah terjangkau oleh masyarakat. Khususnya untuk memenuhi kebutuhan akan ikan,” tungkasnya.

Diketahui, selain dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo, dan Walikota Palembang, Harnojoyo, hadir juga dalam peresmian Pasar Ikan Modern tersebut, yaitu Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, Anggota Komisi IV DPR RI, Reni Forkopimda serta beberapa pejabat Pemerintahan lainnya. (Ron)

LAINNYA