Gambar_Langit

SMK Yadika Baturaja Targetkan 80 Persen Alumni Tersalurkan Bekerja di DUDI

waktu baca 2 menit
Rabu, 28 Okt 2020 11:11 0 158 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – SMK Yadika Baturaja menargetkan 80 persen alumni SMK Yadika Baturaja dapat tersalurkan bekerja di Dunia usaha dan Dunia Industri (DUDI) diseluruh Indonesia. Hal ini dikatakan Kepala SMK Yadika Baturaja Boy Adriansyah SPd saat dibincangi pelitasumsel.com diruangannya.

Untuk mewujudkan target tersebut, Boy mengatakan SMK Yadika Baturaja telah membentuk Bursa Kerja Khusus (BKK) yang terdaftar di Dinas Tenaga Kerja OKU dengan Surat Tanda Daftar No : 291/XXII.3/2017, BKK. BKK ini telah dibentuk sejak tahun 2017 dan telah menjalin kerjasama (MOU) dengan beberapa perusahaan besar baik di OKU maupun di Sumsel.

Dikatakan Boy meskipun ditengah pandemic covid 19 ini, SMK Yadika tetap melakukan inovasi pembelajaran. Hal ini untuk mengasah kemampuan dan kretaifitas siswa agar tetap berkembang. Selain melakukan pembelajaran lewat Daring SMK yadika juga melakukan MOU dengan beberapa Dunia Usaha dan Dunia Industri.

“Baru-baru ini kita melakukan MOU dengan PT Astra Internasional Isuzu Baturaja, jadi total perusahan besar yang telah menjalin kerjasama dengan Kita (SMK Yadika Baturaja) sekitar 8 perusahaan besar,” sebutnya.

Boy mengatakan MOU dengan perusahaan ini dilakukan agar para siswa SMK Yadika Baturaja dapat magang, belajar dan meningkatkan kemampuan siswa sesuai dengan standar mutu yang dibutuhkan perusahaan. “Tujuan kita mencetak alumni yang memang siap bekerja, MOU ini bukan hanya untuk siswa magang, tapi siswa bisa mengetahui standar mutu keterampilan yang dibutuhkan perusahaan,” ujarnya.

Menurut Boy, antara SMK dan Dunia Usaha/ Dunia Insutri memang harus “Dikawinkan’ (kerjasama red), hal ini lanjutnya untuk menyesuaikan SOP perusahan dan kurikulum sekolah sehingga sekolah dapat menerapkan dalam pelajaran sehingga menghasilkan siswa yang siap berkompetisi di dunia kerja.

“kita sudah menerapkan hal ini secara bertahap, dan alumni SMK Yadika kita cetak siap bekerja walaupun nanti pilihan ditentukan oleh siswa itu sendiri apakah mereka akan bekerja, kuliah atau mungkin berwirausaha secara mandiri. Yang jelas kita sudah mencetak mereka untuk siap bekerja sesuai standar yang dibutuhkan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri,” ucapnya.

Boy berharap adanya BKK SMK Yadika Baturaja dan MOU dengan beberapa perusahan ini dapat meningkatkan kemampuan dan menyalurkan alumni SMK Yadika Baturaja ke Dunia Kerja. “Saat ini sudah 60 persen alumni kita bekerja di perusahaan yang menjalin kerjasama dengan kita, target kita bisa menyalurkan 80 persen alumni bekerja.” tandasnya (AND)

[/highlight]

LAINNYA