Gambar_Langit Gambar_Langit

KPU OKU Timur Gelar Debat Kandidat Cabub dan Cawabup

waktu baca 4 menit
Kamis, 22 Okt 2020 01:03 0 97 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur Sukses gelar debat publik   kandidat  pasangan calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati  (Cawabup) OKU Timur di gelar di Hotel Excelton, Palembang, Kamis (22/10/2020) dengan tema, “Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah.”

Pasangan Calon bupati dan Wakil Bupati OKU Timur dan Nomor yang berdebat adalah pasangan nomor urut 1 H Lanosin, ST, (Enos)-HM Adi Purna Yudha, SH dan pasangan Nomor urut 2 Kolonel Inf H Ruslan Taimi, SE, MM-dr Herly Sunawan, SH.

Debat kali ini dibawakan oleh MC Ita Husni sedangkan tiga orang panelis yang merupakan para akademisi dan para ahli yaitu pakar pendidikan dari STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Dr Fatkhur Rohman  Mpd, Sosiolog dari UIN Raden Fatah Dr Mohammad Syawaludin MA dan Ekonom dari Universitas Muhammadiyah Palembang, Yudha Mahrom Dharma Saputra SE Msi. Debat juga dilakukan dengan mengikuti aturan sesuai Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.
Acara debat kandidat disiarkan melalui media elektronik, radio dan Tv serta media sosial. Kegiatan ini dihadiri Ketua KPUD Provinsi Sumsel Kelly Mariyana, Ketua KPUD OKU Timur bersama Anggota Komisioner, Kketua Bawaslu OKU Timur Ahmad Gufron, Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon Sik MH, dan Dandim 04/03 OKU Tan Kurniawan
Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, saat membuka acara debat menyampaikan, pada masa kampanye yang dimulai dari 26 September hingga 5 Desember 2020, debat kandidat merupakan penyampaian visi dan misi calon  calon bupati dan wakil bupati.

“Mari kita simak dengan seksama pendalaman visi dan misi calon bupati untuk memajukan Kabupaten OKU Timur kedepan. Saya juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS pada 9 Desember mendatang dengan memakai protokol kesehatan,”jelasnya

Dirinya  berharap kedua pasangan calon dapat memanfaatkan situasi debat publik agar dapat menyosialisasikan visi- misi. KPU tak ingin debat nantinya menjadi ajang saling menjatuhkan.

“Sehingga masyarakat tahu betul siapa Bupati dan wakilnya serta akan melakukan apa kedepan untuk kemajuan OKU Timur lima tahun kedepan,” kata Ketua KPU Herman Jaya
“Para kandidat silakan memaparkan visi misinya, juga diwajibkan menjawab semua pertanyaan para panelis yang telah disiapkan oleh tim perumus,” ungkap Herman.

Sesi pertama pemaparan visi- misi dari kedua pasangan calon (Paslon) Sementara nomor urut satu H. Lanosin Hamzah dan Adi Nugraha Purna Yuda (EnosYuda), menyampaikan bahwa mereka memiliki visi yang sangat besar untuk menjadikan OKU Timur lebih mulia sebagai kabupaten terbaik, dengan kepemerintahan yang amanah, masyarakat yang sejahtera selain itu akan meningkatkan partisipasi para perempuan.

“Memiliki  visi misi yang pro rakyat dan sejumlah program unggulan yang di antaranya adalah mencanangkan kualitas kerja aparatur pemerintah dalam pelayanan tata kelola Pemerintah yang baik dan terukur dengan menempatkan pejabat disesuaikan jurusan pendidikannya. Selain itu, akan siapkan tim ahli di bidang pelayanan masyarakat dan memberikan perhatian kepada tenaga ASN dengan tunjangan kerjanya,” papar EnosYuda.

Sementara pasangan calon nomor urut II, Kolonel Ruslan Taimi-Dr Herly Sunawan menyatakan bahwa lima visinya untuk membangun OKU Timur lima tahun ke depan melalui penelaahan dan identifikasi berbagai permasalahan serta orientasi yang strategis. Dimana mereka mempunyai pandangan jauh ke depan berdasarkan kreativitas.

“Dimana di situ (kreativitas) ditemukan visinya mewujudkan OKU Timur yang aman dan sehat yang berwawasan lingkungan dan ekonomi kerakyatan,” kata Ruslan.

Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 1, H Lanosin Hamzah,ST-H Adi Nugraha Purna Yudha,SH dalam paparan visi misinya dengan jargon Mewujudkan OKU TimurL Lebih Maju dan Mulia. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menurunkan angka pengangguran dengan memperluas lapangan kerja, menarik investor ke OKU Timur dan melakukan pembangunan infrastruktur yang merata.

“Ini semua akan tercapai tentu muaranya perbaikan ekonomi masyarakat. Dan nantinya di OKU Timur tidak ada lagi kesenjangan ekonomi, pengangguran berkurang,” kata Lanosin.

Enos menambahkan, dirinya yakin berkat dukungan semua elemen masyarakat di OKU Timur akan menjadi motivasinya dalam mewujudkan apa yang diharapkan warga OKU Timur.

Di samping itu Enos-Yudha berjanji akan meningkatkan kualitas pendidikan baik dibidang sarana prasarana maupun SDM yang muaranya menciptakan peserta didik di OKU Timur berprestasi dan berbudipekerti luhur.

“Yang tidak kalah penting kita akan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang berkualitas melalui SDM yang profesional,” katanya.

Selain itu Enos juga akan melakukan pembangunan infrastruktur di OKU Timur secara merata. Enos menyebutkan, dia telah menyiapkan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan perekonomian kerakyatan.

Sementara, paslon nomor urut 2, Kol (Inf) H Ruslan,SE,MM-dr Herly Sumarwan dengan jargon menjadikan OKU Timur Aman, Sehat dan Sejahtera. Dimana, apabila nantinya dipercaya menjadi pemimpin OKU Timur untuk masa jabatan lima tahun ke depan paslon ini bakal memprioitaskan pada lima bidang. Meliputi, bidang keamanan, infrastruktur ketahanan pangan, pendidikan dan kesehatan. (ADV)

 

LAINNYA