Gambar_Langit

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Digelar Lomba Gaplek Danrem Gapo-YLKI dan PWI Sumsel

waktu baca 3 menit
Minggu, 18 Okt 2020 11:42 0 98 Admin Pelita

#Sekaligus Kampanye Protokol Kesehatan

Palembang, Pelita Sumsel – Memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2020, Kedai Ngopi (Ngobrol Pintar) Caro Wartawan (COW) Koperasi PWI Sumsel menggelar lomba gaplek Danrem 044 Gapo- Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumsel dan PWI Sumsel. Ketua Koperasi PWI Sumsel, Rizal dan penangguing jawab kegiatan, Firdaus Komar, Minggu (18/10), menjelaskan semarak Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum dalam perjuangan bangsa Indonesia, dalam mencapai kemerdekaan. Kegiatan akan dimulai pada Selasa (20/10) malam, di Kedai Ngopi Cow PWI Sumsel.

Menurut Firdaus, seiring dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, selaras dengan tujuan PWI, yaitu Tercapainya cita-cita bangsaIndonesia sebagaimana diamanatkan Pembukaan Undang Undang Dasar 1945; Terwujudnya kehidupan Pers Nasional yang merdeka, profesional, bermartabat, dan beradab; Terpenuhinya hak publik memperoleh informasi yang tepat, akurat, dan benar; Terwujudnya tugas pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan publik. Sedangkan upaya yang dilakukan, ke dalam, PWI berupaya: Memupuk kepribadian wartawan Indonesia sebagai warga negara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan taat pada konstitusi; Memupuk kesadaran dan komitmen wartawan Indonesia untuk berperanserta di dalam pembangunan bangsa dan negara; Meningkatkan ketaatan wartawan pada Kode Etik Jurnalistik, demi citra, kredibilitas, dan integritas wartawan dan PWI; Mengembangkan kemampuan profesional wartawan; Memberikan bantuan dan perlindungan hukum kepada wartawan dalam melaksanakan tugas profesinya; Memperjuangkan kesejahteraan wartawan.

“Secara eksternal upaya PWI adalah, memperjuangkan terlaksananya peraturan perundang-undangan serta kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang menjamin pertumbuhan dan pengembangan pers yang merdeka, profesional, dan bermartabat; Menjalin kerja sama dengan unsur pemerintah, masyarakat, dan organisasi pers di dalam dan di luar negeri; Memperjuangkan keadilan dan kebenaran berdasarkan supremasi hukum. PWI juga menjadi bagian dalam kampanye dengan bersinergi ke BNPB terkait dengan kampanye atau sosialisasi perubahan tingkah laku, untuk mencegah pandemi  Covid-19. Adapun peserta lomba terdiri dari wartawan, pekerja pers, umum dan mahasiswa,” ujar Firko, sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan selain mengingatkan kembali makna perjuangan dan menginternalisasi nilai-nilai saat Hari Sumpah Pemuda yang menjadi bagian sejarah Indonesia yang tidak terlepas dari sejarah perjuangan wartawan Indonesia, juga nenjadi tugas PWI Sumsel sebagai bagian kerja sama dengan BNPB Pusat untuk menjadi motor mengkampanyekan protokol kesehatan atau perubahan tingkah laku di tengah Covid 19 ini.

“Tidak kalah penting, mempererat tali silaturahmi dengan anggota wartawan dan media. Adapun hadiah bagi pemenang 1, 2 dan 3 akan diberi hadiah sesuai dengan bantuan sponsor dari berbagai pihak yang tidak mengikat dan halal, bagi yang ingin berpartisipasi sila daftar ke Kedai Ngopi COW di Jalan Supeno No 11 Palembang, atau bisa hubungi panitia Dede (0852 73201844), Tedy (081373993088), Panduw (082181896261) atau Damek (081315358153),” pungkasnya. (jea)

LAINNYA