Gambar_Langit

Naik Kereta Api Penumpang Diwajibkan Patuhi Protokes

waktu baca 2 menit
Rabu, 14 Okt 2020 19:14 0 110 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel – Mulai 24 September lalu PT KAI (Persero) Divre lll Palembang, mulai mengoperasikan Kereta Api Serelo Rute Kertapati – Lubuk Linggau (PP),

Para penumpang yang hendak menaiki transportasi murah tersebut, harus lebih dulu menunjukkan hasil rapid test (berlaku 14 hari). Apabila penumpang belum memiliki hasil rapid test, di pintu masuk stasiun telah disiapkan tempat rapid test dengan biaya Rp 85 ribu per orang.

Selain itu, para penumpang yang akan berpergian wajib diimbau mengikuti protokol kesehatan, dengan mengikuti syarat dan ketentuan bagi calon penumpang yaitu, dalam kondisi sehat, wajib menggunakan masker, suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat,  menggunakan baju lengan panjang/jaket, face shield dan jaga jarak.

Sementara,  untuk di dalam kereta para penumpang duduk dengan berjarak dengan diberi tanda di setiap bangku. Meski penumpang merupakan pasangan suami/istri,  namun para penumpang tetap tak boleh duduk berdampingan dan menjaga jarak satu sama lainnya.

“Kita operasikan satu kereta api serelo. Penumpang wajib terapkan prokes dan diimbau pakai lengan panjang,” ujar Manager Humas PT KAI Divre III Palembang,  Aida Suryanti.

Aida menjelaskan, bagi masyarakat yang hendak menggunakan kereta api untuk melakukan test rapid maksimal 1 hari sebelum keberangkatan dan datang ke stasiun kereta api lebih awal minimal 60 menit sebelum kereta berangkat.  Dalam masa Pandemi Covid-19, PT KAI Divre III Palembang membatasi jumlah penumpang hanya 70 persen dari jumlah kapasitas kereta api.

Untuk pemesanan tiket,  PT Kai Divre III Palembang menjual tiket pada H-7 keberangkatan. Pemesanan tiket secara online dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya.

“Jumlah penumpang maksimal 70 persen dari jumlah kapasitas. Tempat duduk penumpang akan diatur dengan menjaga jarak oleh petugas,” jelasnya.

Aida menambahkan,  untuk kereta api rute Palembang-Lampung hingga saat ini belum dipastikan kapan mulai beroperasi kembali. Pihaknya lebih dulu akan mengevaluasi kereta api serelo rute Palembang-Lubuklinggau.

“Untuk tujuan Lampung akan kita evaluasi dulu dari kereta api rute Palembang-Lubuklinggau. Setelah itu baru direncanakan kapan kereta tujuan Lampung akan beroperasi kembali,” tutupnya.  (Ron)

LAINNYA