Gambar_Langit Gambar_Langit

Desa Pendagan Sentra Beras Cierang Di OKU Selatan

waktu baca 1 menit
Senin, 12 Okt 2020 20:03 0 144 Admin Pelita

OKU Selatan, Pelita Sumsel – Desa Pendagan khususnya lingkungan Sawah Besar, Kecamatan Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, merupakan salah satu daerah penghasil beras terbesar yang ada di Bumi Serasan Seandaan.

“Jenis padi yang di tanam sebagian besar petani yakni padi Cierang, dengan luas persawahan yang ada di Desa Pendagan sekitar 60 hektaran,” ucap Kepala desa (Kades) Pendagan, Sukanto saat berbincang dengan Pelita Sumsel, Senin (12/10).

Sukanto menjelaskan, konsumen beras dari wilayahnya  tidak hanya berasal dari masyarakat dan toko-toko beras yang ada di kota Muaradua, tapi banyak juga pembeli dari berbagai daerah di OKU Selatan, seperti dari Ranau dan Kisam juga daerah lainnya.

“Petani padi sawah yang ada di Desa Pendagan, dalam setahun bisa menanam dan panen dua kali,saat ini baru saja selesai panen,” ujar dia.

Sementara Surahman, salah satu pekerja pabrik padi sawah besar Desa Pedagan menuturkan, beras padi Cierang merupaķan yang banyak di tanam oleh oleh petani padi setempat.

“Pembeli beras yang ada di daerah tersebut datang dari berbagai wilayah yang ada di OKU Selatan serta untuk kualitas beras padi Cierang yang ditanam merupakan jenis padi yang bagus oleh para petani yang ada di Desa Pedagan selain jenis Padi 64,” pungkasnya. (DK)

LAINNYA