Gambar_Langit Gambar_Langit

Harga Buah Pisang di OKU Selatan Anjlok

waktu baca 2 menit
Minggu, 11 Okt 2020 15:34 0 129 Admin Pelita

OKU Selatan, Pelita Sumsel – Harga pasaran buah pisang di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, saat ini kembali mengalami anjlok harga. Beberapa petani pisang di kecamatan Muaradua mengungkapkan, kembali anjloknyo harga buah pisang terjadi sudah hampir terjadi sejak satu bulan terakhir.

“Harga buah pisang sempat mengalami naik,rata rata untuk semua jenis pisang harganya di atas Rp 1000,n amun saat ini harganya kembali turun dibawah Rp 1000, terutama jenis pisang gadis yang banyak di tanam oleh para petani,harganya paling tinggi dibeli Rp 600 dan Rp700 perkilonyo,” tutur Jaka, seorang petani pisang yang ada di Desa Batu Belang Dua, Kecamatan Muaradua saat dibincangi Pelita Sumsel, Sabtu (10/10).

Sementara Cik Aman, petani pisang lainnya yang ada di Kecamatan Buana Pemaca, selain berharap harga buah pisang kembali naik, buah pisang termasuk salah satu andalan warga khususnya para petani untuk memenuhi kebutuhan sehari hari apalagi di tengah masa sulit terjadinya pendemi seperti saat ini.

Arpani, pembeli buah pisang di Kecamatan Buana pemaca membenarkan kembali turunnya harga buah pisang sejak 1 bulan terakhir.

“Harga buah pisang turun lagi disebabkan kurangnya pemasaran yang ada di Pulau Jawa, sebab para pembeli besar buah pisang di daerah Jawa banyak yang memilih tutup untuk sementar. atau mereka jika membeli pisang juga jumlahnya dibatasi karena mungkin kurangnya pemasaran buah pisang di daerah sana, akibat dampak dari terjadinya virus corona seperti yang terjadi selama ini,” ucapnya.

Di katakan Arpani, bukan hanya para petani pisang yang mengeluh dengan kondisi kembali turunnya harga buah pisang yang terjadi, namun dampaknya juga dirasakan oleh para pembeli pisang lokal seperti dirinya.

“Selain tempat pemasaran kembali buah pisang terutama di Pulau Jawa saat ini sulit dan mereka membeli pisangnya juga terbatas, terpaksa untuk pembelian pisang dari para petani saya juga batasi saat ini, jika harus membeli pisang pun yang dibeli paling dari para petani pisang langganan, itu pun untuk membantu mereka para petani langganan selama ini yang ada,” pungkasnya.DK

LAINNYA