Gambar_Langit Gambar_Langit

Palembang Butuh 5 Ribu Kantong Darah Perbulan

waktu baca 2 menit
Rabu, 30 Sep 2020 17:20 0 128 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Meskipun stock darah dinilai cukup hingga saat ini, namun kebutuhan darah untuk kota Palembang saat ini mencapai 5 ribu kantong dalam satu bulannya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda saat menghadiri Peresmian Gedung dan Pelayanan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Selatan di Jalan Sukajaya KM 5,5 Kelurahan Sukabangun Kecamatan Sukarami, Palembang (Belakang Rumah Sakit Mata).

“Sekarang ini untuk kebutuhan darah sendiri di kota Palembang sudah 5 ribu kantong per bulan. Selamat atas peresmian Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi Sumatera Selatan oleh ibu Febrita, paling tidak nanti kita bisa terus bersinergi untuk membantu masyarakat kota Palembang, yaitu memenuhi kebutuhan darah,” kata Fitri, Rabu (30/09).

Ketua PMI kota Palembang itu juga mengharapkan bantuan dari banyak pihak dalam memenuhi kebutuhan darah tersebut, meskipun stock darah saat ini masih dinilai cukup untuk kebutuhan masyarakat kota Palembang.

“Alhamdulillah sampai dengan sekarang, stock darah di PMI kota Palembang ini cukup, akan tetapi kita membutuhkan dukunganlah dari seluruh masyarakat khususnya dari PMI Provinsi supaya bisa bersama-sama dengan kami untuk mencukupi kebutuhan donor darah,” harapnya.

“Kalau seandainya tidak dibantu, dalam arti disuport oleh banyak pihak, tentu kita akan mengalami kesulitan,” tambahnya.

Wakil Walikota Palembang dua periode itu juga menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak khawatir dalam melakukan pendonoran darah.

Ia menjelaskan, bahwa PMI memiliki standar protokol kesehatan (protokes) yang cukup mempuni guna mendapatkan darah yang memang dinilai sehat untuk digunakan ataupun dalam proses pendonoran itu sendiri.

“Sebelum mendonorkan darah kan ada tes kesehatan terlebih dahulu dengan sekian detil, bahkan nantinya setelah darah itu diperiksa, pendonor inu sudah bagus diambil darahnya, nanti juga ada proses lanjutan agar darah ini bebas dari segala macam penyakit dan sehat untuk penerima. Mari kita donorkan darah setiap dua bulan sekali, karena sehat bagi pendonor dan menyelamatkan bagi yang membutuhkan,” tungkasnya. (Ril/jea)

LAINNYA