Home / DAERAH / Bentuk Kepedulian, Anggota DPD RI Amelia Sobli Bedah 10 Rumah Warga di Ogan Ilir

Bentuk Kepedulian, Anggota DPD RI Amelia Sobli Bedah 10 Rumah Warga di Ogan Ilir

Ogan Ilir, Pelita Sumsel – Amaliah Sobli S.KG MBA Anggota DPD RI Dapil Sumatera Selatan (Sumsel) berikan bantuan bedah rumah 50 unit kepada masyarakat Sumsel. 10 unit diantaranya diberikan kepada masyarakat Kabupaten Ogan Ilir. Tepatnya di Desa Tanjung Pinang 1, Kecamatan Tanjung Batu.

Untuk memastikan penerima bantuan benar-benar layak Senator milenial ini turun langsung melihat kondisi 10 unit rumah yang telah diusulkan masyarakat dan perangkat desa setempat untuk menerima program bedah rumah tersebut, Jumat (18/9/2020) siang.

Satu persatu dari 10 rumah warga yang bakal menerima Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun Anggaran 2020 ini didatangi Amaliah didampingi perangkat desa setempat dan juga utusan Daarul Quran Palembang. Menurut Amaliah Sobli program bedah rumah diperuntukkan bagi warga berpenghasilan rendah.

“Bedah rumah ini merupakan aspirasi dari pada masyarakat. Sebagai wakil dari pada masyarakat di senayan saya wajib untuk memperjuangkan. Apa yang menjadi keluhan, keinginan dan harapan masyarakat akan selalu saya perjuangkan,” ujar Amaliah yang merupakan sarjana dokter gigi ini.

Lebih lanjut Amaliah Sobli menambahkan ada beberapa tahapan sehingga masyarakat berhak mendapatkan program bedah rumah tersebut. “Ada beberapa tahapan mulai dari verifikasi, survey dan surat keputusan (SK) penetapan,” sambung putri H Sobli tokoh masyarakat Kabupaten Ogan Ilir ini.

Masih kata Amaliah Anggota Komite II DPD RI ini tidak ada pungutan biaya sama sekali untuk penerima program bedah rumah tersebut. “Karena kita tidak ingin membebani masyarakat. Yang pasti berpanghasilan rendah, rumah sendiri, sudah tidak layak huni dan sudah memiliki surat resmi baik sertifikat atau surat keterangan minimal dari camat,” terang dia.

Masih kata Amaliah dalam teknis pelaksanaan pembangunan bedah rumah dilakukan secara swadaya. Kementrian PUPR hanya memberikan bantuan material, beserta biaya untuk tukang. Itupun lewat rekening tabungan bank.

“Jadi pemilik rumah juga diajak untuk swadaya atau bergotong royong bersama-sama dalam pembangunan rumah tersebut. Masyarakat juga diminta untu sama-sama mengawasi pembangunannya,” tukas dia.

Sementata Ahmadi Syukron Kepala Dusun II, Desa Tanjung Pinang 1, mengaku sangat bersyukur warganya mendapat kesempatan menerima program bedah rumah. “Alhamdulillah memang warga kami layak menerima bantuan ini. Saya ucapkan terima kasih pada ibu Amaliah atas bantuannya,” terangnya (Ron)

Bagikan Ini Di :