Gambar_Langit Gambar_Langit

Proyek PLTU Sumsel 1 Berikan Kompensasi Pada Calon Pekerjanya

waktu baca 2 menit
Selasa, 1 Sep 2020 13:13 0 469 Admin Pelita

Muara Enim, Pelita Sumsel – Manajemen Proyek PLTU SUMSEL-1 terus tetap komitmen dalam menanggung seluruh kebutuhan serta memberikan uang kompensasi Kepada para calon pekerjanya, terutama pada masa karantina.

Hal itu dikatakan oleh Manager Proyek PLTU Sumsel 1 melalui Humas Proyek PLTU Sumsel Mr Liu, saat dijumpai tim Pelita Sumsel di Desa Tanjung Menang Kecamatan Rambang Niru Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, Selasa (01/09).

“Ya, terlebih lagi di masa pandemi Corona Virus-19 (covid-19) ini membuat kita semua pastinya sangat khawatir karena adanya peningkatan data pantauan Corona Virus-19 (Covid-19) yang disetiap daerah dan provinsi di Indonesia hingga saat ini belum ada tanda-tanda penurunan”, ungkap Mr Liu.

Menurut Mr Liu, manajemen  Proyek PLTU SUMSEL-1 melakukan beberapa langkah, diantaranya dalam melakukan perekrutan tenaga kerja, baik tenaga kerja lokal maupun tenaga kerja asing pada proyek PLTU SUMSEL-1 terus menerapkan protokol kesehatan dengan terus mensyaratkan karantina sukarela dan terlebih dahulu selama 14 (empat belas) hari terhadap para calon pekerjanya, dimana pada masa karantina sukarela perusahaan menanggung semua biaya tersebut.

calon pekerja Proyek PLTU SUMSEL-1 saat melakukan karantina sukarela

“Ya, mulai dari dilakukannya swab test, pemberian mess karantina yang layak, makanan dan minuman serta memberikan uang kompensasi kepada calon pekerja yang telah mengikuti karantina sukarela yang diterapkan oleh perusahaan.

Dikatakan Mr Liu lagi,  bahwa pada akhir bulan Agustus 2020, pihak manajemen proyek PLTU SUMSEL-1 telah melakukan swab test kepada seluruh karyawan di lingkungan kerja Proyek PLTU SUMSEL-1.

Dalam pelaksanaan swab test tersebut, manajemen proyek SUMSEL-1 telah bekerjasama dengan Rumah Sakit Pertamedika Prabumulih. Sebanyak 205 pekerja telah dilakukan swab test dan beberapa diantaranya bahkan telah melakukan 2 sampai 3 kali swab test dengan hasil seluruhnya negative (tidak terinfeksi) Corona Virus-19.

“Dan sebelumnya, humas perusahaan menyampaikan bahwa dalam waktu dekat pembangunan akan segera dilaksanakan dan perusahaan telah mencapai kesepakatan dengan serikat pekerja dalam menyelesaikan masalah yang ada serta menepis isu-isu yang berkembang”, terang Mr Liu.

Sementara di tengah masyarakat dimana sebenarnya manajemen proyek SUMSEL-1 mengambil inisiatif melakukan karantina sukarela ini semata-mata untuk melakukan pencegahan terhadap wabah penyakit pandemi Corona Virus-19 (Covid-19) serta untuk memudahkan para pencari kerja yang sedang kesulitan secara ekonomi untuk melakukan swab test di tengah wabah pandemi Corona Virus-19 (Covid-19).

“Ya, maka dari itu terkait dengan segala pemberitaan yang dibuat tanpa melakukan tatap muka pada perusahaan merupakan pemberitaan yang tidak benar dan tidak menutup kemungkinan perusahaan akan melakukan upaya hukum atas tindakan oknum-oknum yang melakukannya”, tegas Mr Liu, didampingi  para staf Proyek PLTU Sumsel-1. (NVJ)

LAINNYA