Gambar_Langit Gambar_Langit

Bank Sumsel Babel Launching Aplikasi Qris

waktu baca 3 menit
Kamis, 20 Agu 2020 09:50 0 134 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Untuk
meningkatkan layanan dan kemudahan serta efisiensi dalam bertransaksi.Bank Sumsel Babel (BSB) melakukan  Launching aplikasi transaksi non tunai atau dikenal QR Code Indonesia Standart (QRIS), bertempat di atrium Palembang Indah Mall (PIM) hari Rabu (19/8/202)

Direktur Utama BSB, Achmad Syamsudin dalam sambutan nya mengatakan bahwa transaksi nontunai ini awalnya diinisiasi oleh Bank Indonesia, untuk itu pihaknya  langsung meresponnya dan mengimplementasikan ke beberapa segmen baik dari sisi merchan dan juga customernya.

“Qris merupakan sistem pembayaran dengan menggunakan kode QR, membantu nasabah dan para pelaku usaha menerima pembayaran dari semua aplikasi berbasis kode QR melalui aplikasi mobile banking BSB, penggunaan aplikasi pembayaran digital sangat membantu untuk melakukan transaksi non tunai,” katanya

Qris BSB merupakan pilihan tepat bagi masyarakat Sumsel khususnya nasabah BSB sebagai alat pembayaran non tunai karena banyak memiliki keunggulan bisa untuk transaksi apa saja seperti transaksi komersial dan transaksi sosial seperti donasi di rumah ibadah ibadah yang ada di Sumsel.

“Qris BSB menjadi pilihan masyarakat seiring kondisi pandemi virus saat ini, yang mana hingga saat ini hampir 2.000 UMKM binaan BSB telah menjadi pengguna dari layanan pembayaran digital,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Mawardi Yahya mengatakan semoga untuk kedepan nya BSB bisa menjadi kepercayaan masyarakat sumsel.

“Harapan kita semoga seluruh masyarakat Sumsel menggunakan dan bertransaksi dengan memakai Qris BSB,” tuturnya

Di tempat yang sama, Hari Widodo Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel menyatakan, sangat bersyukur dan bangga bahwa BSB termasuk dari tujuh (7) Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia yang telah memperoleh izin menggunakan Qris yang merupakan salah satu alternatif pembayaran non tunai dan ini merupakan juga prestasi BSB.

“Kami dari BI Mendukung BSB untuk memperoleh izin Qris ini dan BSB bisa langsung bergerak yang di implementasikan di beberapa segmen, tidak hanya mengharap dari sisi merchan nya saja namun ke customer nya juga,” kata Hari Widodo.

Tentunya pengembangan Qris sebagai alat pembayaran digital untuk Di wilayah Sumatera sendiri penggunaan Qris, Sumsel merupakan provinsi terbesar kedua setelah Sumatera Utara dan untuk di Nasional Sumsel merupakan di urutan ke delapan besar di Indonesia.

“Bicara data hingga 7 Agustus 2020 pengguna Qris di Sumsel sudah mencapai 131564 merchant sementara untuk Indonesia sudah mencapai 4,3 juta pengguna tumbuh hingga 9.95 persen, dan ini sangat relevan untuk di masa pandemi ini, yang mana kita banyak mengurangi kontak fisik dan melakukan social distancing,” jelas Hari.

Target awal pihaknya untuk di Sumsel ada 100 ribu pengguna yang mana hingga saat ini ternyata melampaui target, nanti pihaknya akan mentargetkan lebih besar lagi.

“Qris itu bersifat universal, gampang, untung dan unggul sesuai dengan tagline Qris dan kami akan menyebar luaskan nya ke daerah daerah yang ada di Sumsel,” katanya.

Masih kata Hari, penggunaan aplikasi Qris ini jadi lebih mudah, tidak perlu menggunakan uang tunai dari sisi merchant tidak perlu uang kembaliannya, manfaat nya sangat besar dan Qris bisa digunakan di seluruh Indonesia.

“Aplikasi Qris awal launchingnya di tanggal 17 Agustus 2019 lalu dan Launching penggunaanya di mulai awal tahun 2020 lalu,” tutupnya (RPS)

LAINNYA