Gambar_Langit

Pentas Seni Wayang Jadi Salah Satu Pembuka Kegiatan Art Normal DKP

waktu baca 3 menit
Minggu, 16 Agu 2020 16:20 0 137 Putra Pamungkas

Palembang, Pelita Sumsel – Jelang kegiatan yang bertajuk Art Normal yang rencana akan digelar oleh Dewan Kesenian Palembang (DKP) besok (17-19/08) di Guns Cafe, berbagai hal terus disiapkan guna kesuksesan acara tersebut, salah satunya yaitu melalui pentas seni Wayang yang akan dibawakan langsung oleh Dalang yang memiliki darah Palembang, Wirawan Rusdi sebagai salah satu pembukaan acara Art Normal.

“Besok kita akan menampilkan cerita yang memang telah disiapkan. Dan yang pastinya, cerita yang kita tampilkan nanti akan kita buat semenarik mungkin,” kata Wirawan, Minggu (16/08).

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan, Muhammad Nasir M.Pd, menjelaskan, dengan bertajuk “Art Normal”, Dewan Kesenian Palembang (DKP) kembali akan menggelar kegiatan untuk insan seni di kota Palembang yang akan digelar di Guns Cafe mulai besok 17 hingga 19 Agustus dengan mengusung tema “Iklim Kesenian menuju Kenormalan Baru”.

Nasir juga memaparkan, bahwa dalam kegiatan tersebut, DKP akan tetap melibatkan semua Komite seni yakni komite Tari, komite Rupa, komite Musik, komite Film, komite Sastra, dan komite Teater.

“Kita mengusung konsep yang sangat menarik melalui silaturahmi, diskusi, gelar karya kini dan nanti,” ujar Nasir.

Ia juga menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut nantinya dapat diikuti secara langsung di Guns Cafe Palembang dari tanggal 17-19 Agustus 2020 atau mengikuti secara daring melalui via aplikasi Zoom dan pendaftaran melalui Link [https://bit.ly/3faJMzF]. “Acaranya terbuka untuk umum,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DKP Iqbal Rudianto menjelaskan, rencana Art Normal akan menghadirkan musisi lintas generasi di Palembang, dan juga narasumber dari dalam dan luar kota Palembang yang sangat kompeten di bidangnya.

“Narasumber kita di Teater ada Marlahim Zaini dari Riau, Marhana dari Padang Dan Toton Dai Permana dari Palembang, dengan Pemantik Diskusi dari DKP Hasan, di pandu artis lokal Cek One, ada juga penampilan monolog dari Fiki dan Uda Iful (Dafuk),” jelasnya didampingi Sekretaris DKP, Qusoy SH.

Masih dijelaskannya, untuk di komite Musik, DKP rencana akan menghadirkan Jimi Hutan Tropis, Budi LVT, Fadhil Indra dari Jakarta, dengan pemantik diskusi Endi Ruskan, dengan penampilan dari Iir Stoned Alila Najwa, Randi/Rosa. Pada Selasa (18/8/2020), komite Seni Rupa akan menghadirkan Dr. Erwan Suryanegara, M,Sn, Askanadi Sirodjudin, dengan Pemantik Diskusi Husni Mubarak, disini DKP akan menggelar Demo Melukis

“Untuk Komite Tari DKP menghadirkan Dr. Susasrita Violaranti, M.Sn, Surtianingsih Imansyah, dengan pemantik Diskusi Sonia dipandu oleh Dina Tanjung, dengan dihidangkan pula tampilan dari Saudaradance dan BlockArt,” terangnya.

Esok Harinya, terang pria yang akrab disapa Didit itu menjelaskan pada Rabu (19/08/2020) nanti, komite Sastra menghadirkan narasumber yakni Dr. Tarech Rasyid, M.Hum (Rektor Universitas IBA), Dr. Didik Suhendi, M.Hum (Wakil Ketua HISKI Sumsel) Maspril Aries (Penulis dan Penggagas Dewan Kesenian Lampung), dan Dr. Darwin Effendi, M.Pd. (Dosen Universitas PGRI Palembang) dengan pemantik diskusi Imron Supriyadi, MAg

“Dihari itu juga, kita akan menyuguhkan penampilan pembacaan puisi-Anto Narasoma-Yos Ilyas, dan lainnya” “Dan sorenya kita menghadirkan komite film dengan narasumber Elham Bras (Sekjen ADM) dengan pemantik diskusi Endah Septi Elyani dan pemutaran film indie,” tutupnya. (ril/dk)

LAINNYA