Gambar_Langit

Warga Terinspirasi Inisiasi Bupati Muba Dodi Reza

waktu baca 2 menit
Sabtu, 8 Agu 2020 15:44 0 80 Redaktur Romadon

 

Muba, Pelita Sumsel – Setelah Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA, Jumat (7/8/2020) turun langsung mengkomandoi giat bersih-bersih di sekitar area jaringan listrik PT MEP di Kecamatan Plakat Tinggi, Sabtu (8/8/2020) inisiasi gerakan bersih-bersih Bupati Muba tersebut juga diikuti beramai-ramai oleh warga Desa Mendis Kecamatan Bayung Lencir.

Pantauan di lapangan, puluhan warga dengan membawa peralatan seadanya memotong dedaunan dan ranting yang berpotensi menjadi pengganggu kelancaran distribusi arus listrik ke rumah-rumah warga.

Saat ditanyai dilokasi, warga mengatakan bahwa ada sebuah kerisauan warga mendis jika jaringan listrik kerumah mereka terganggu. Karena menurut warga, salah satu penyebab listrik padam adalah seringnya dedaunan dan ranting pohon yang menyentuh jaringan listrik.

“Karena pohon-pohon, dedaunan bahkan ranting ini bisa membuat lampu (listrik) kami sering mati kalau tidak dibersihkan. Jika kembali mengingat awalnya ada listrik ke desa kami ini, kami sangat bahagia karena bisa menikmati listrik dengan biaya lebih murah ketimbang menggunakan mesin genset, jadi kami juga merasa terpanggil untuk merawat hidupnya listrik dari MEP ini,” ungkap Yaya Sanjaya (70) yang juga pohon miliknya dirobohkan.

Mbah Yaya panggilannya ini, menambahkan, saat mep masuk ke Mendis ini milik MEP, tapi fasilitas ini merupakan tanggung jawab masyarakat Mendis semua, kalau bersihkan listrik aman. “Pokoknya masyarakat Mendis harus bertanggung jawab atas kualitas listrik MEP ini,” sebutnya.

Sementara, Kepala Desa Mendis yang turut berpartisipasi membersihkan jaringan listrik PT MEP, Sugianto mengatakan bahwa pihaknya akan terus bersama warga secara rutin membersihkan jaringan MEP ini.

“Iya kita bersama warga akan mencoba secara rutin membersihkan penggangu kelancaran distribusi listrik MEP ini,” ujarnya.

Sementara Camat Bayung Lencir, Muhammad Imron mengungkapkan apresiasinya terhadap warga mendis yang peduli terhadap fasilitas jaringan listrik ini.

“Apa yang dilakukan warga mendis ini memang luar biasa, juga bisa menjadi pelopor warga Desa lainnya dalam menjaga fasilitas publik yang ada di Desa demi kepentingan bersama,” ungkapnya.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin mengapresiasi gerakan bersih-bersih area jaringan listrik MEP di Desa Mendis. “Giat bergotong royong bersama memudahkan segalanya dan dengan adanya inisiasi warga Mendis dapat menjadi contoh dan diikuti warga lainya untuk kepentingan bersama,” ulasnya.

Ia mengajak, agar warga turut andil menjaga kebersihan di area sekitar jaringan PT MEP. “Mari kita pelihara dan jaga dengan baik, kita tau MEP lahir disaat PLN belum bisa membangun jaringan listrik sampai ke desa-desa yang ada dalam wilayah Muba dan tentunya. Sinergi PLN MEP dan Pemerintahan desa dan warga masyarakat dapat semua berjalan dengan baik,” pungkasnya.(Rill/RN)

LAINNYA