Gambar_Langit Gambar_Langit

BBWSS VIII Segera Usulkan Anggaran Rehab Saluran Irigasi di BP Bangsa Raja

waktu baca 2 menit
Rabu, 5 Agu 2020 08:05 0 163 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Tim dari Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII mensurvei bangunan saluran irigasi di Desa Pandan Sari II, Desa Rawa Sari dan Desa Surya Menang Kecamatan BP Bangsa Raja. Rabu (05/08/2020).

Survey yang dilakukan tim BBWSS VIII ini merupakan tindak lanjut dari proposal permohonan masyarakat setempat yang diteruskan melalui surat resmi Bupati OKU Timur agar dilakukan rehab di beberapa saluran irigasi. Sehingga dapat berfungsi mengalirkan air menuju ke sawah warga. Dimana sebelumnya warga ini berharap dapat mengolah sawah 3 kali panen dalam satu musim, untuk mewujudkan hal tersebut harus ditunjang dengan saluran irigasi yang dapat mengaliri air di sawah mereka dengan lancar.

Fungky Pramana ST selaku PPK Irigasi dan Rawa III mengatakan, kegiatan ini merupakan survei awal tindak lanjut dari usulan Bupati OKU Timur terkait perbaikan Sub Daerah Irigasi. Selanjutnya usai dari survei ini pihaknya akan melakukan usulan anggaran untuk desain dan rehabnya. “Prosesnya masih panjang, kita usulkan anggaran untuk desain dan rehabnya dulu,” ucapnya.

Menurutnya, jika usulan anggaran ini nanti di setujui paling lambat pelaksanaan rehab ini dilakukan tahun 2022. Dirinya juga memberikan syarat agar keadaan di lokasi dapat dipastikan aman. “Kegiatan rehab sekarang saja kontraktor sudah 2 kali kehilangan pak, untuk itu jika nanti ada rehab di tempat yang dimaksud tadi, maka kami minta ke pihak setempat dapat memastikan keamanannya,” ujarnya.

Sementara itu Camat BP Bangsa Raja Muhammad Andrie, S.IP menegaskan, jika nanti pelaksanaan rehab saluran irigasi mulai dikerjakan masyarakat dan Pamong wajib menjaga dan mendukung keamanan lokasi pengerjaan, masyarakat juga harus ada rasa memiliki terhadap aset ini, sebab ini untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama.

“Dengan sudah turunnya tim dari Balai BWS Sumatera VIII ini momentum awal untuk mewujudkan mimpi masyarakat, agar air bisa mengalir ke ketiga desa yang dimaksud. Sehingga cita-cita mereka dapat panen 3 kali dalam satu musim mudah-mudahan terwujud, terkait Kondisi keamanan, masyarakat dan Pamong Desa wajib menjaga keamanan baik itu dilokasi pengerjaan maupun dilingkungan desa, kita ingin terus berbenah dan perbaiki image, BP Bangsa Raja Nyaman dan berkembang,” imbuhnya. (*)

LAINNYA