Gambar_Langit

Batubara Siap Melintas di Banyuasin, Siapa Yang Akan di Untungkan ?

waktu baca 2 menit
Selasa, 4 Agu 2020 14:01 0 152 Admin Pelita

Banyuasin, Pelita Sumsel — Industri pertambangan merupakan salah satu penyumbang terbesar Devisa Negara dan Daerah tentunya dalam industri tersebut banyak sekali unsur-unsur yang sangat penting salah satunya Mobilisasi untuk pengangkutan bahan hasil tambang.

Maka dari itu PT. Servo Lintas Raya yang bergerak dalam industri pertambangan Batubara berkeinginan membangun Jalan Khusus Batubara Sepanjang 271,5 Km dan Pengelolaan Batubara (Crusher) dengan Kapasitas 37.500.000 Ton/Tahun, serta fasilitas penunjang di Empat Kabupaten Yakni Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten PALI dan Lahat. Selasa (04/08/20).

Konsultasi publik yang dilaksanakan di Auditorium Pemkab Banyuasin dan dilakukan secara Vidcom dengan Pihak PT. Servo Lintas Raya, dalam Acara Tersebut dihadiri langsung oleh OPD Terkait dan Tokoh Masyarakat.

Isro Maita Selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Meminta Pihak perusahaan Transparan dalam wacana pembangunan jalan tersebut.

” Kami meminta pihak perusahaan Transparan dalam wacana pembangunan jalan tersebut,” ujar dia dalam sambutannya.

Pihak konsultan dari PT.SLR menerangkan “jika jalan tersebut memotong jalan provinsi atau rel kereta api pihak perusahaan wajib membuat underpass ataupun overpass, jika memotong jalan desa atau kabupaten kami akan membuat plang dan pos Keamanan,” ujar Yudi selaku Konsultan PT. SLR.

Lanjutnya dalam penyerapan tenaga kerja khusunya dibidang Mobilisasi masyarakat dapat bergabung dengan badan usaha yang sudah bekerja sama dengan pihak perusahaan.

“Masyarakat yang memiliki kendaraan dapat bekerjasama dengan badan usaha yang telah bekerja sama dengan PT. SLR ataupun mereka sudah memiliki badan usaha sendiri,” papar dia.

Sementara itu pengiat sosial Efriadi Efendi Ketua LSM Aliansi Masyarakat Untuk Institusi (AMUNISI) Kabupaten Banyuasin menanggapi akan adanya pembangunan Jalan Khusus Batubara dia sangat setuju namun tetap memprioritaskan kepentingan masyarakat.

“Saya sangat setuju dengan pembangunan tersebut karena dapat memajukan perekonomian masyarakat namun harus digaris bawahi jangan sampai ada masyarakat yang merasa dirugikan, jika ada maka kami menjadi garda terdepan melawan ketidakadilan tersebut,” Tegas dia.(Suh)

Caption : “Batubara Siap Melintas di Banyuasin, Siapa Yang Akan di Untungkan ?, (SUHAIMI).

LAINNYA