Gambar_Langit Gambar_Langit

Siswa SMK Yadika Baturaja Wakili OKU Dalam Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Sumsel

waktu baca 3 menit
Senin, 20 Jul 2020 17:10 0 137 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Jaluh Rizky Pratama Siswa SMK Yadika Baturaja bakal mewakili kabupaten OKU dalam ajang pemilihan duta bahasa tingkat provinsi Sumatera Selatan. Hal ini diketahui saat Kepala SMK Yadika Baturaja Boy Adriansyah gencar meminta dukungan semangat kepada masyarakat melalui akun Instagramnya.

Jaluh Rizky Pratama didampingi Kepala SMK Yadika Baturaja Boy Adriansyah saat dibincangi portal ini mengatakan ia adalah satu-satu siswa dari OKU yang akan mengikuti seleksi duta bahasa tingkat Sumsel. “rata-rata peserta yang ikut adalah mahasiswa, untuk pelajar tingkat SMK cuma saya,” kata Jaluh

Dituturkan jaluh ia bahkan tidak menyangka dapat ikut dalam ajang bergengsi dan mewakili sekolah dan Kabupaten OKU, pada awalnya ia hanya ditawari oleh temannya yang telah ikut sebagai finalis putra kebudayaan Sumsel. Menurut temannya ia memiliki potensi untuk ikut pemilihan duta bahasa  sebab ia bisa berbahasa asing.

“untuk lomba ini pertama bahasa Indonesia yang baik dan benar, kemudian bahasa asing, kalau saya menguasai dua bahasa asing yakni Arab dan Jepang, kalau bahasa inggris juga bisa hanya saja tidak terlalu mendalami,” tuturnya.

Menurut siswa kelas 12 jurusan TKJ di SMK Yadika ini kedua bahasa asing tersebut telah ia pelajari secara otodidak sejak bangku SMP. “kalau bahasa arab memang dulu waktu SMP saya mondok dipesantren kemudian saya belajar secara otodidak bahasa arab, kalau baha jepang saya sengaja membeli kamus dan belajar berbahasa jepang,” ungkapnya.

Dikatakan anak pertama dari tiga bersaudara pasangan bapak Wasis dan Ibu Eranisranti ini ia merasa beruntung langkahnya untuk ikut pemilihan duta bahasa ini didukung penuh oleh pihak sekolah terutama oleh Kepala SMK Yadika Baturaja Boy Adriansyah SPd. “pertama saya bilang dengan bapak kepala sekolah langsung didukung oleh beliau bahkan untuk persiapan nanti sekolah menyediakan fasilotas termasuk pelatih untuk saya belajar,” imbuhnya

Dikatakan Jaluh, motivasi ia mengikuti pemilihan duta bahasa tingkat Sumsel ini karena ia ingin membanggakan keluarga, sekolah dan Kabupaten OKU, Ia pun optimis dapat meraih prestasi dalam ajang tersebut. “Untuk seleksi Administrasi tanggal 24 juli, kalau tidak salah sudah ada 74 peserta sesumsel, nanti yang lolos Cuma orang 20 yakni 10 putra dan 10 orang putri. Pastinya saya tetap optimsi dan tetap melakukan persiapan yang matang,” tukasnya.

Sementara itu Kepala SMK Yadika Baturaja Boy Adriansyah SPd mengatakan sangat mendukung setiap bakat dan minat siswa untuk meraih prestasi. “ Bahkan untuk memberikan motivasi dan dukungan kepada anak kami ini saya posting di IG saya minta dukungan, minimal bisa ikut medoakan ananda Jaluh sukses meraih prestasi yang ia impikan,” kata Boy.

Menurut Boy pihak sekolah sangat mendukung setiap pengembangan bakat minat dan karakter siswa, mbahkan pada awal masuk SMK Yadika para siswa diminta untuk menuliskan bakat dan minatnya. Tujuannya adalah untuk mengarahkan dan menyalurkan bakat dan prestasi siswa ini. “kita sangat mendukung, kalau untuk prestasi dan kebaikan anak itu pasti. Dan setiap tiga bulan sekali bakat dan minat siswa di SMK Yadika ini kita evaluasi. Disini kita bisa melihat kemana bakat anak ini dan kita arahkan,” ujarnya

Pada kesempatan itu Boy juga meminta kepada seluruh masyarakat OKU untuk memberikan doa dan support kepada Jaluh Rizky Pratama sehingga bisa meraih prestasi dan membanggakan sekolah dan kabupaten OKU, “Ya kami minta dukungan dan doanya,” harapnya (AND)

LAINNYA