Gambar_Langit

Direncanakan ASN Kecamatan dan 227 Kades di Muba Dilatih BAIS

waktu baca 3 menit
Kamis, 16 Jul 2020 13:48 0 98 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Rencana Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Lic Econ MBA untuk meng-upgrade pengetahuan Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Musi Banyuasin dalam memaksimalkan deteksi dini potensi konflik direspon positif oleh warga Musi Banyuasin

Hal ini bakal terealisasi setelah pada 6 Juli lalu Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Lic Econ MBA berkesempatan menemui langsung Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) Pusat Marsekal Madya TNI Kisenda Wiranatakusumah MA di Kantor BAIS Kalibata Jakarta Pusat.

Dimana dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) Pusat Marsekal Madya TNI Kisenda Wiranatakusumah MA merespon positif ide terobosan Bupati Muba Dr Dodi Reza untuk melatih Kades deteksi dini untuk menjaga zero konflik di Muba termasuk program menjaga keamanan dan ketentraman NKRI khususnya wilayah Muba.

“Kita akan memaksimalkan pengetahuan deteksi dini potensi konflik bagi semua Kades di Muba hingga Kades di Muba juga nantinya lebih all out turut andil mengamankan objek vital strategis di wilayah Muba,” ujar Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex di sela Menerima Komandan Sub Satuan Tugas BAIS TNI Sumatera Selatan, Letkol Ahmad Sayuti di Mess Perwakilan Musi Banyuasin di Palembang, Kamis (16/7/2020).

Dikatakan Dodi, upaya tersebut tidak lain demi menjaga wilayah Muba yang sangat komitmen dengan zero konflik. “Meski kita sangat konsisten dengan zero konflik, namun ini harus dipertahankan. Untuk itu, Pemkab Muba direncanakan bersama BAIS akan melakukan upaya guna mempertahankan zero konflik tetap terwujud di Muba dengan memberikan penataran atau pelatihan kepada Kades-Kades,” jelas Dodi yang juga Tokoh Pembina Wilayah Pelopor Perdamaian dari Kementerian Sosial.

Lanjutnya, Rencana kerjasama Pemkab Muba bersama BAIS dalam meningkatkan pemahaman Kades-Kades dalam mendeteksi dini potensi konflik serta turut menjaga objek vital strategis negara akan menjadi pilot project di Indonesia.

“Prinsipnya kita harus terus maksimal dalam menjaga keutuhan NKRI, dan Muba akan selalu menjadi yang terdepan demi menjaga kondusifitas wilayah Muba,” tegasnya.

Sementara itu, Komandan Sub Satuan Tugas Badan Intelijen
Strategis TNI Sumatera Selatan, Letkol Ahmad Sayuti berharap, agar nantinya pelatihan Kades-Kades di Muba bisa dilakukan di Satuan Induk BAIS TNI Cilendek.

“Prinsipnya ide terobosan pak Bupati Muba ini sangat baik dan komitmen seutuhnya menjaga keamanan NKRI terkhusus di wilayah Muba,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) Pusat Marsekal Madya TNI Kisenda Wiranatakusumah MA sangat mengapresiasi komitmen Bupati Muba Dr Dodi Reza yang sangat konsisten dan getol menjaga keamanan dan kedamaian wilayah Muba.

Dalam kesempatan Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex di sela Menerima Komandan Sub Satuan Tugas BAIS TNI Sumatera Selatan, Letkol Ahmad Sayuti di Mess Perwakilan Musi Banyuasin di Palembang, Bupati Muba turut didampingi Kaban Kesbangpol Muba HM Soleh Naim SE MM dan Kadin Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP.(Rill/RN)

LAINNYA