Gambar_Langit Gambar_Langit

Kodim 0430/Banyuasin Siap Lawan Karhutla

waktu baca 2 menit
Rabu, 15 Jul 2020 18:47 0 178 Admin Pelita

Banyuasin, Pelita Sumsel – Kodim 0430/Banyuasin mengelar apel gelar pasukan dan perlengkapan dalam rangka menghadapi Kebakaran Hutan Kebun dan Lahan (Karhutbunla) Tahun 2020, bertempat di Lapangan Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Rabu (15/07/20).

Bertindak sebagai Pemimpin Apel dalam kegiatan tersebut Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH dan Komandan Upacara Lettu Inf Pringgo (Pasi Ops Kodim 0430/BA), dan peserta apel terdiri dari TNI-Polri, Manggala Agni, BPBD, PMI beserta seluruh Satgas perwakilan perkebunan Se-Kabupaten Banyuasin.

Dalam amanatnya Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH menegaskan, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam pengendalian Bencana Karhutbunla Tahun 2020 diantaranya segera verifikasi Lahan-lahan yang berpotensi terjadinya kebakaran, segera selesaikan permasalahan konflik yang menyangkut status kepemilikan lahan dan tapal batas antara perusahaan dengan masyarakat, OPD agar proaktif dalam penanggulangan Karhutbunla Tahun 2020 sesuai fungsi dan wewenangnya dan bagi perusahaan-perusahaan di lokasi rawan kebakaran untuk segera melengkapi sarana dan prasarana pemadaman karhutbunla.

Sementara itu Dandim 0430/Banyuasin Letkol Arh H. Alfian Amran, ST., MM mengatakan, Apel Gelar Pasukan dan Perlengkapan ini dalam rangka menghadapi Kebakaran Hutan Kebun dan Lahan (Karhutbunla) Tahun 2020. Kegiatan ini bukan hanya kegiatan seremonial belaka, melainkan lebih kepada pengecekan kesiapan secara nyata.

Lebih lanjut dikatakannya, Kodim 0430/Banyuasin siap mendukung Pemerintah Kabupaten Banyuasin dalam melaksanakan operasi penangulangan Bencana Karhutbunla. Hal ini merupakan tindak lanjut dari Undang-undang Nomor 34 tahun 2004 tentang tugas TNI dalam mengemban tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yaitu membantu tugas pemerintahan di daerah dan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Lebih lanjut ditambahkannya, walaupun ditengah badai Covid-19, tidak menyurutkan prajurit Kodim 0430/Banyuasin untuk membantu Pemda Banyuasin menanggulangi Bencana Karhutbunla. Dua bulan yang lalu hingga saat ini, para Babinsa jajaran Kodim 0430/Banyuasin telah tersebar di wilayah-wilayah yang rawan dan rentan terhadap bahaya Karhutbunla, dan telah mensosialisasikan akan dampak dan bahaya dari Karhutbunla serta membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA).

Selanjutnya Dandim menghimbau kepada seluruh masyarakat dan pemilik perusahaan perkebunan di wilayah Kab. Banyuasin agar lebih serius dan ambil bukti nyata terhadap upaya pencegahan karhutbunla. Dan jangan pernah membuka lahan dengan cara membakar. “Di tengah musibah Covid 19 ini, hendaknya kita bersama-sama menjaga agar Negeri ini tidak ditambah dengan musibah bencana Karhutbunla.” tegasnya.

“Dengan kehadiran para pengusaha perkebunan, memberikan harapan positif untuk bersama-sama bertanggung jawab terhadap penanggulangan bahaya Karhutbunla di wilayah Kabupaten Banyuasin.” tutupnya.

Dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan dan Perlengkapan tersebut juga disertai dengan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan pihak perkebunan diwilayah Kab. Banyuasin terkait kesepakatan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.(Suh)

LAINNYA