Home / DAERAH / MUSI BANYUASIN / Perusahaan Bendung Arus Sungai, Warga Keluhkan Sungai  Cepat Kering dan Kotor

Perusahaan Bendung Arus Sungai, Warga Keluhkan Sungai  Cepat Kering dan Kotor

Muba, Pelita Sumsel– Pihak Perusahaan PT. Musi Andalan Sumatera ( PT. MAS), membuat kolam besar untuk menampung air sungai dengan cara membendung pada lekukan aliran sungai yang lama dan membuat aliran yang baru di kawasan perkebunan yang terletak di Desa Bangkit Jaya Kecamatan Jirak Jaya Kabupaten Musi Banyuasin.

Nasution selaku Asisten Manager (AM) PT. MAS, menjelaskan pembuatan kolam tersebut sebagai upaya mereka membenahi aliran sungai yang tidak terawat di kebun mereka.

“Sungai yang dulu tidak terawat terkesan kotor dan menyebabkan banjir. Sekarang nyatanya tidak ada banjir mala kualitasnya airnya menjadi bersih,” Ujarnya pada wartawan Pelitasumsel, Jum’at (10/07/2020).

Dilain tempat dengan tanggapan yang berbeda salah satu masyarakat di desa Kertajaya, Kodrat yang berada di Hilir sungai sake, mengeluhkan dengan sering adanya pencemaran air sungai tersebut.

“Airnya kotor, sekarang tidak bisa dikonsumsi lagi, kamipun terpaksa mencari air dengan cara membeli,” Ujar Kodrat

Hal yang sama juga dikeluhkan oleh charles Mereka menjadi sulit untuk mencari tempat mandi pada saat kemarau tiba, karena disaat musim kemarau belum tiba airnya sudah sangat dangkal.

“Sekarang kami jadi susah cari tempat mandi, karena airnya dangkal padahal belum kemarau, dulu airnya tidak sedangkal ini walau kemarau sudah hampir satu bulan, tapi pada saat minggu lalu hampir satu minggu tidak hujan airnya hampir kering,” tutupnya. (Can)

Bagikan Ini Di :
HUT OKU