Home / DAERAH / Cegah Karhutla, Sumsel Gelar Apel Kesiapsiagaan
Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri saat menghadiri pel kesiapsiagaan personil dan peralatan penanggulangan karhutla Provinsi Sumsel dipusatkan di Lapangan Kebun Raya Sriwijaya Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (30/6)

Cegah Karhutla, Sumsel Gelar Apel Kesiapsiagaan

Ogan Ilir, Pelita Sumsel – Apel kesiapsiagaan personil dan peralatan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutlah) Provinsi Sumsel dipusatkan di Lapangan Kebun Raya Sriwijaya Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (30/6). 

Apel akbar yang diikuti ribuan personil gabungan TNI, Polri, Satpol PP, pemadam kebakaran (damkar), dan pemangku kepentingan (stake holder) lainnya yang digelar di Kebun Raya Sriwijaya tersebut merupakan simbol dari keseriusan dan kesiapan pemerintah dalam penanggulangan karhutlah di Sumsel baik kesiapan personil maupun peralatan yang akan digunakan.

Kegiatan apel tersebut juga dihadiri juga Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan SIP  MHum  dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri.

Apel ini dalam rangka kesiapan personel khususnya Polda Sumsel dalam pencegahan dan penangangan karhutla di beberapa wilayah sumsel yang rentan terjadinya karhutla. Karena sebentar lagi kita akan memasuki musim kemarau yang ditandai dengan munculnya beberapa titik api.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri mengatakan karhutla ini sudah setiap tahun terjadi. Maka itu dalam menanggulanginya dibutukan edukasi serta ajakan secara masif ke masyarakat agar tidak membuka lahan secara ilegal.

“Beberapa hari kemarin saya sudah mengecek kekuatan personil dan ketersedian peralatan untuk digunakan Karhutla namun alat ini sebagai konsep terakhir dengan harapan karhutlah tidak terjadi tahun ini,” katanya.

“Pencegahan ini kita bisa lakukan secara bersama. Kami juga sudah menyebarkan maklumat kepada masyarakat tentang dampak dan bahayanya Karhutla. Bahkan kami juga sudah membentuk relawan peduli karhutla,” papar Kapolda.

Kapolda juga berharap untuk personil polri dapat bersinergi dengan seluruh stake holder  lainnya serta mengoptimalkan pelaksanaan sosialisasi tentang larangan/dampak dari karhutla ini. (jea)

Bagikan Ini Di :