Gambar_Langit

Siaga Karhutla Muara Enim Siapkan 8 Posko

waktu baca 2 menit
Rabu, 17 Jun 2020 20:10 0 118 Admin Pelita

Muara Enim, Pelita Sumsel — Guna menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) Kabupaten Muara Enim Pemkab telah siap siaga mencegahnya.

Hal tersebut, diterangkan pada rapat koordinasi siaga bencana Karhutlah secara virtual diruang Vidio Conference Polres Muara Enim yang langsung dihadiri Plt Bupati Muara Enim Juarsah, Rabu (17/6).

Dalam keterangannya, Plt Bupati Muara Enim, Juarsah, telah menyiapkan strategi melalui pendirian 8 (delapan) Pos Komando (Posko) siaga yang bertugas mengantisipasi, mendeteksi dan menangani Karhutlah di Kabupaten Muara Enim.

Sementara rapat yang dibuka oleh Wakil Gubernur Sumsel ini, dipimpin langsung oleh Kapolda Sumsel dan turut dihadiri oleh Pangdam II Sriwijaya.

Berdasarkan keterangan BMKG, diperkirakan pada Agustus hingga September menjadi puncak musim kemarau di Sumsel. Untuk itu, Wakil Gubernur meminta seluruh elemen, termasuk Bupati/Walikota agar siaga mengantisipasi dan menghadapi bencana tahunan ini.

Menyikapi hal tersebut, Plt Bupati menerangkan bahwa Kabupaten Muara Enim telah menetapkan status Siaga Darurat Bencana Karhutla melalui SK Nomor 468/KPTS/BPBD/2020 tertanggal 2 Juni 2020.

Selain itu, Plt. Bupati juga telah menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menyiapkan 8 (delapan) pos komando (Posko).

Sebanyak 3 Posko di kawasan lahan gambut, terletak di Kecamatan Muara Belida, Gelumbang dan Sungai Rotan. Kemudian 5 Posko di kawasan lahan organik, berada di Kecamatan Rambang, Belimbing, Gunung Megang, Tanjung Agung dan Semende Darat Tengah.

Telah disiagakan pula 48 orang petugas dari BPBD dengan 20 unit mesin pompa dan 250 rol selang sepanjang 30 meter beserta 3 unit wadah penampung air berkapasitas masing-masing 4 ribu liter.

Dalam waktu dekat, Plt. Bupati akan segera menyurati perusahaan atau pelaku usaha untuk turut siaga, termasuk para aparat mulai dari desa hingga kecamatan.

Dalam paparannya, Kepala BPBD Provinsi Sumatera Selatan, mengapresiasi Pemkab. Muara Enim yang diakuinya menjadi salah satu dari 5 (lima) daerah terdepan yang telah menetapkan status Siaga Bencana Karhutla. Selain Kapolres, Ketua Pengadilan Negeri, Kasdim 0404 dan perwakilan Kajari Muara Enim, hadir pula Kepala BPBD, Kepala DLH, Kadin Kesehatan, perwakilan Dinas Perkebunan, Dinas Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) dan Satuan Pol. PP (NVJ)

LAINNYA