Gambar_Langit Gambar_Langit

Pembangunan dan Pengembangan Gedung RSUD Ibnu Sutowo Baturaja Di Mulai

waktu baca 3 menit
Sabtu, 6 Jun 2020 17:03 0 106 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Setelah sekian lama tertunda akhirnya pembangunan gedung RSUD Ibnu Sutowo Baturaja dilaksanakan. Dimulainya pembangunan gedung lima lantai RSUD dengan biaya Rp 58,7 Milyar ini ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru didampingi Bupati OKU Drs H Kuryana Aziz beserta Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Kajati Sumsel Dr Wisnu Broto, Unsur Forkompimda dan tamu undangan lainya, Sabtu (6/6).

Bupati OKU Drs Kuryana Aziz Dalam laporannya menyampaikan meskipun dalam kondisi pandemic covid 19, Pemkab OKU tetap menampilkan komitmen mengabdi kepada bangsa dengan membangun gedung RSUD Ibnu Sutowo. “hari ini (6/6) merupakan hari yang bersejarah bagi OKU, peletakan batu pertama ini merupakan bentuk komitmen dari pemkab OKU dalam penataan kota Baturaja sebagai pusat pengembangan kesehatan di OKU Raya,” Kata Kuryana.

Diungkapkan Kuryana, rencana pembangunan dan pengembangan gedung RSUD Ibnu Sutowo ini telah melalui rencana yang cukup panjang hampir tiga tahun. Kuryana mengakui bahwa keterlambatan pembangunan gedung ini lantaran terkendala anggaran daerah.  Pemkab OKU lanjutnya sempat melakukan penjajakan kepada pihak ketiga meminjam dana untuk pembangunan dan pengembangan gedung RSUD Ibnu Sutowo. “Pembahsannya sangat alot, Sudah MOU namun akhirnya kandas,” ungkapnya.

Pembangunan gedung RSUD ini sendiri dilanjutkan Kuryana mendapat dukungan sepenuhnya dari Gubernur Sumsel H Herman Deru yang membantu melalui APBD Sumsel, sehingga pemkab OKU semakin semangat untuk merealisasikan proyek ini. ” Kalau bukan bantuan provinsi pelaksanaan pembangunan ini akan terhambat.  Gubernur membantu dana Sebesar Rp 25 milyar dari APBD Sumsel ditambah Rp 15 Milyar dari dana BLUD RSDU Ibnu Sutowo Baturaja,  dan sisanya APBD OKU,” sebutnya.

Dengan dilakukannya pembangunan dan pengembangan gedung RSUD ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi OKU dan kabupaten/Kota disekitarnya.OKU sendiri disebutan Kuryana menjadi rujukan regional bagi 5 daerah  syakni, OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir, Prabumulih dan Waykanan provinsi lampung. “ tukasnya

Sementara itu Gubernur Sumsel dalam sambutannya mengatakan RSUD Ibnu Sutowo Baturaja merupakan rumah sakit legendaries di OKU yang punya sejarah yang luar biasa. “Pembangunan gedung ini dapat terlaksana berkat kerja keras pemkab OKU terutama Bupati OKU yang sengaja mengunjungi saya dan mengajak saya hanyut terhadap kepentingan kabupaten,” katanya.

Menurut HD Gedung baru RSUD Ibnu Sutowo ini akan menjadi bangunan kokoh dan modern di OKU. Tenaga kesehatan mempunyai peran penting dalam rumah sakit yang berkontribusi terhadap kesembuhan pasien. “ saya minta mulai dari depan hingga perawat  memberikan pelayanan yang terbaik, dan ini akan menjadi tugas ibu direktur,” Yakin bantuan tidak hanya Rp 25 milyar ini saja . Saya selalu akan memberikan reward untuk semnagat baru pelayanan pembangunan di setiap Kabupaten,” tegasnya (AND)

LAINNYA