Home / DAERAH / OKU RAYA / OKU / Pembatalan Keberangkatan, Kemenag OKU Sambangi Calon Jemaah Haji
Kasi haji dan umroh, Kemenag OKU Abdul Mu'is, S.Ag

Pembatalan Keberangkatan, Kemenag OKU Sambangi Calon Jemaah Haji

OKU, Pelita Sumsel – Sebanyak 307 calon jemaah haji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang akan berangkat tahun 2020 ini terpakasa harus bersabar pasalnya Pemerintah RI melalui Mentri Agama RI membatalkan pemberangkatan jemaah haji tahun ini.  “Berita pembatalan keberangkatan ini sudah kami ketahui dari berita mentri agama selain itu juga kami telah diajak teleconference,” kata Kepala kantor Kemenag OKU Drs Ishak Putih MSi melalui kasi haji dan umroh, Abdul Mu’is, S.Ag  saat dibincangi diruangannya, Rabu (3/6).

Dikatakan Mu’is,  307 calon jemaah haji OKU yang akan berangkat tahun ini sudah melakukan pelunasan, para jemaah tersebut telah melakukan berbagai persiapan . “Sempat ada jemaah yang menanyakan lewat group Wa yang kita buat, ada juga yang kita datangi untuk kita sampaikan secara langsung dan kita menenangkan karena umur jemaah ini sudah tua dan mungkin mereka syok. Tapi sejauh ini Alhamdulillah semua calon jemaah haji asal OKU mengerti,” ujarnya

Menurut Mu’is pembatalan pemberangkatan jemaah haji ini dikarenakan pandemic covid 19 yang tengah mewabah di seluruh dunia sehingga negera Arab Saudi belum membuka atau menerima jemaah haji,. Pembatalan ini diberlakukan diseluruh negara. “Sejak adanya pandemic corona ini mereka calon jemaah haji asal OKU sudah mewanti-wanti dari awal, sehingga reaksi mereka saat mendengar kabar ini walaupun berat hati namun mereka menerima keputusan ini dengan alasan kesehatan,” ungkapnya.

Meskipun meraka tidak terlalu beraksi akan keputusan pembatalan ini, tapi kemenang OKU tetap menyambangi beberapa calon jemaah haji hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “ Ya bagaimanapun mereka telah mempersiapkan diri dengan matang, jadi untuk yang sudah berumur kita sempat menyambangi mereka,” imbuhnya. (AND)

Bagikan Ini Di :