Home / DAERAH / MUARA ENIM / “Kampung Tangkal” Upaya Pencegahan dan Penyebaran  Covid-19

“Kampung Tangkal” Upaya Pencegahan dan Penyebaran  Covid-19

Muara Enim Pelita Sumsel – Kampung Tangkal Covid-19 didesa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan pada Selasa(02/06),secara resmi di Launcing oleh Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syaputra, SIk,dan Plt. Bupati Muara Enin H Juarsah, SH, serta dihadiri unsur Forkompida Kabupaten Muara Enim yang dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19 .

Ketua Gugus Tugas Covid-19, Surono menjelaskan bahwa  unggulan Kampung Tangkal Covid-19 di Desa Sidomulyo memiliki Pos siaga covid-19, rumah isolasi, perpustakaan desa dan untuk ketahanan pangan Desa Sidomulyo miliki Persawahan 15 Ha, sayuran dan palwija 2 Ha, peternakan dan kolam ikan sebanyak 20 kolam

“Selain itu ada juga ada produksi UKM aneka macam keripik, minuman herbal dan pupuk organic,” ungkapnya.

Dikatakan Surono , Ada 10 desa yang di usulkan dari perwakilan Polsek yang ada di wilkum Polres Muara Enim dengan ketahanan pangannya yaitu Desa Karya Nyata Kec. Semendo, Desa Pulau Panggung Kec. Tanjung Agung, Kelurahan Tanjung Enim Selatan, Desa Air Talas Kec. Rambang Niru, Desa Tapus Kec. Lembak, Desa Sukamerindu Kecamatan Lubai, Desa Petar Dalam Kec. Sungai Rotan, Desa tambangan Kelekar Kec. Gelumbang dan Desa Sumber Rahayu Kec. Rambang.

“Kampung Tangkal adalah inisiasi Kapolda Sumsel dalam menangkal dampak dari pandemi covid 19, bersama Gubernur, Pangdam dan Bupati, Walikota mewujudkan kekuatan daya tangkal dari satuan kecil yaitu desa / kelurahan yang diberi nama “Kampung Tangkal” jelasnya

Kampung ini berfungsi menangkal dampak Covid-19 diantaranya di bidang kesehatan ada posko siaga covid bekerja bersama dengan Dinkes dalam menangkal covid, Swasembada Pangan, bansos dan mengatasi dampak sosial seperti bimbel, ngaji dan posko keamanan.

“Kemampuan dalam menangkal dampak covid-19 ini maka akan tercipta Kondusifitas didaerah masing-masing, Kegiatan ini dimotori Bhabinkamtibmas sebagai perwujudan Dulur Masyarakat bersama dengan Babinsa dan Kepala Desa dalam membentuk Kampung Tangkal Covid-19,” ucapnya.

Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syaputra S.H., S.I.K., M.M berharap Kampung Tangkal ini dapat diikuti oleh kelurahan dan Desa yang ada didalam Kabupaten Muara Enim dalam Menangkal dampak Covid-19, dan Kapolres juga mengusulkan nama Kampung Tangkal yang ada di Kabupaten Muara Enim diberi nama Belide yang artinya Bersama Lindungi Desa

Sementara Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah SH dalam sambutannya mengatakan, Desa ini sangat luar biasa banyak prestasi-prestasi yang didapat dan semoga desa ini dapat menjadi percontohan dan study banding nasional dari desa-desa lain yang mencontoh desa Sidomulyo.

“Dan termasuk Kampung Tangkal Covid-19 ini semoga dapat diikuti oleh kelurahan dan desa-desa lainnya sebagai percontohan dalam meningkatkan kemampuan dalam menangkal dampak covid-19 di lingkungannya,” tutur Juarsah.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian sembako kepada warga yang diundang dan masker kepada Kades, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa desa Sidomulyo, setelah itu Plt. Bupati Muara Enim membuka secara resmi Kampung Tangkal Covid-19 Kabupaten Muara Enim dan di beri nama BELIDE (Bersama Lindungi Desa) dengan memukul gong dan selanjutnya meninjau diunggulan desa tersebut.(NVJ)

Bagikan Ini Di :